Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kenapa Toyota-Daihatsu Tinggalkan Penggerak Roda Belakang Di Calya-Sigra?

Bagja - Kamis, 4 Agustus 2016 | 11:43 WIB
Sigra varian R Deluxe
F Yosi/otomotifnet
Sigra varian R Deluxe

Otomotifnet.com  - Kalau masih ingat saat Avanza dan Xenia mulai mendapat lawan-lawan tangguh semisal Suzuki Ertiga dan Honda Mobilio? Saat itu cukup ramai saling adu komentar soal lebih bagus mana penggerak roda untuk sebuah MPV. Depan atau belakang?

Hampir semua pesaing Avanza-Xenia satu suara kalau penggerak roda depan lah yang lebih baik, karena mesin bekerja lebih efisien, minim gesekan karena komponen yang digunakan lebih sedikit. 

Kombinasi mesin depan penggerak depan semakin efisien dengan peletakan mesin melintang. Tapi kelemahan konfigurasi ini ada pada kekuatan as penggerak karena fungsi ganda yang harus ditanggung oleh roda depan.

Jadi karakter handling pun berbeda, yakni gejala understeer jadi ciri khas mobil penggerak roda depan.

Namun Toyota dan Daihatsu bersikukuh kalau justru MPV penggerak belakang lah yang unggul dan dianggap paling cocok untuk medan di Indonesia. Tak heran kalau pilihan mereka tersebut sudah dibuktikan dengan daya tahan Avanza Xenia.

Punya daya dorong lebih baik sehingga cocok untuk tanjakan dan banyak digunakan kendaraan niaga jadi keunggulan ketika sistem ini diterapkan pada mobil keluarga yang butuh durabilitas lebih.

Kelebihan lain dari konfigurasi ini adalah karakter yang dihasilkan cenderung lebih halus dibanding penggerak depan. Itu sebabnya pilihan ini masih digunakan mobil-mobil mewah yang mengutamakan kenyamanan dan kehalusan. 

Tapi kelemahannya, efisiensi mesin sulit didapat. Apalagi kalau tenaga mesin pas-pasan, gesekan berlebih makin membuat performa mobil melemah.

"Masing-masing punya kelebihan, dan kami memilih penggerak roda belakang (Toyota Avanza), karena kami anggap lebih tangguh dan sesuai untuk medan di Indonesia," ujar Dadi Hendriadi, Division Head, Technical Service Division PT Toyota Astra Motor.

Nah, setelah ngotot kalau penggerak roda belakang lebih baik untuk mobil keluarga di Indonesia semisal Avanza-Xenia, maka secara tiba-tiba Toyota menyodorkan sistem penggerak depan pada duet maut terbarunya.

Editor : Bagja

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa