Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

First Impression Porsche 911 Carrera, Ketika Turbo Tak Lagi Eksklusif

Parwata - Senin, 8 Agustus 2016 | 08:38 WIB
First Impression  Porsche 911 Carrera (991 Series 2016) Ketika Turbo Tak Lagi Eksklusif
Rian/otomotifnet
First Impression Porsche 911 Carrera (991 Series 2016) Ketika Turbo Tak Lagi Eksklusif

Jakarta - Porsche akhirnya memilih untuk mengikuti arus dengan menggunakan dua turbocharger pada sports car paling ikoniknya Bukan hal baru ketika Stuttgart memasang turbo pada 911.

Bahkan sejak peranti keong ini dipercaya dapat meningkatkan performa pada varian Turbo, Turbo S dan GT sejak tahun 1975. Porsche selalu menempelkannya pada varian tinggi tersebut. Kini, perangkat pemasok udara tersebut tak lagi eksklusif.

Sebagai bagian facelift dari seri 991 yang pertama kali keluar tahun 2012, varian basic 911 Carrera dan Carrera S kini ikut ditemani sepasang turbocharger. Masih dengan kapasitas 3.000 cc-nya, tenaga non-S berhasil terdongkrak 20 dk dibanding pendahulunya.

Dipasangkan dengan salah satu transmisi terbaik di dunia, Porsche Doppelkupplung 7-percepatan, 911 Carrera diklaim 0,2 detik lebih cepat mencapai 100 km/jam dari diam. Sekaligus lebih hemat 0,8 liter bahan bakar per 100 km-nya.

Hal tersebut terdengar pasti, namun akankah turbo mengurangi kenikmatan yang diberikan mesin 6-silinder segaris N/A  lawasnya? Melihat redline di angka 7.500 rpm yang terdengar sangat tinggi untuk mesin berturbo dan kurva tenaga yang linear di atas 1.700 rpm, Porsche mungkin menemukan cara untuk menjaga karakter yang selalu disenangi oleh para entusias.

Seperti setiap perubahan yang dialami 911, semua terlihat sama kecuali bila anda fanatik atau sales Porsche. Meski begitu, salah satu anggota VW Group ini bersikeras banyaknya hal yang berubah. Hidung mobil saja sepenuhnya baru, dengan bagian paling terlihat adalah air intake yang lebih besar dan lampu di atasnya yang lebih tipis.

Dari samping, handel pintu dibuat baru dengan menghilangkan cover lamanya untuk profil yang lebih bersih. Headlights juga kedapatan signature DRL 4 titik. Di belakang, air intake kini berwarna hitam gloss dan memiliki desain baru, sedang paling mencolok adalah lubang ventilasi di ujung kiri dan kanan untuk melepas udara bertekanan tinggi negatif dari mesin turbonya.

PASM (Porsche Active Suspension Management) yang menurunkan ketinggian 10 mm juga sekarang standar pada varian terbawah. Active aerodynamics seperti tiga louvres di depan akan terbuka saat mobil membutuhkan pendinginan tambahan. Serta akan tertutup pada beberapa keadaan untuk meningkatkan koefisien drag.

Peranti yang langsung bisa terlihat disegarkan adalah sistem hiburan kabin. Menggunakan PCM (Porsche Communication Management) seri terbaru yang sudah menyediakan Apple CarPlay pada layar sentuh 7 incinya. Begitu pula mode baru PSM Sport pada mode Sport Chrono Package untuk kemampuan menikung yang lebih baik.

Data Spesifikasi:

Mesin: 9A2 6-silinder segaris dengan Vario Cam Plus, Direct Injection dan Bi-Turbo Charging
Kapasitas Mesin: 2.981 cc
Rasio Kompresi: 10 : 1
Layout Mesin: Mesin Belakang Penggerak Belakang
Tenaga Maksimum: 370 dk @ 6.500 rpm
Torsi Maksimum: 450 Nm @ 1.700 – 5.000 rpm
Transmisi: Kopling Ganda PDK 7-percepatan
Dimensi (p x l x t): 4.499 mm x 1.808 (1.978)* mm x 1.303 mm
*lebar dengan spion
Wheelbase: 2.450 mm
Radius Putar: 5,6 m
Sistem kemudi: Electromechanic Power Steering
Suspensi Depan: MacPherson Strut dengan Link Transverse Indpenden
Suspensi Belakang: Multi-link 5-link Independen dengan Coil Spring
Rem Depan / Belakang: Cakram Berventilasi 330 mm 4-piston / Cakram Berventilasi 330 mm 4-piston
Ukuran Ban: 235/40 ZR 19 (Depan) / 295/35 ZR 19 (Belakang)
Kapasitas Tangki: 64 liter
Berat: 1.450 kg
Harga: By Order

 

Editor : Parwata

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa