Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

First Impression Renault Kadjar, SUV Kompak Mirip HR-V

Parwata - Senin, 15 Agustus 2016 | 08:45 WIB

Banyak dibicarakan setelah peluncuran di Geneva Motor Show 2015 lalu. Yuk, kita bedah dari dekat yang dimensinya mirip Honda HR-V dan Mazda CX-5 ini

Prancis- Awalnya hanya membaca dan melihat foto-foto peluncurannya awal tahun di Geneva Motor Show 2015. Namun kini beruntung bisa menyaksikan langsung sosoknya di acara media test drive New Renault Koleos di Prancis. Kadjar menarik perhatian dari deretan mobil-mobil baru Renault yang dipajang di acara. Kenapa? Pertama jenisnya SUV kompak. Kalau baca data speknya mempunyai dimensi 4.449 x 1.836 x 1.607 mm (P x L x t) dan wheelbase 2.646 mm.  

Masuk ke kabin depan. Duduk di bangku sopir terasa nyaman berkat jok model semi bucket seat dan bisa diatur secara manual. Desain bangku depannya keren sob! Desain dasbor tidak neko-neko tapi tampak modern. Instrument cluster yang pinggirnya diberi list krom serta spidometer full digital berlayar TFT menambah kesan mewah. Di konsol tengahnya terdapat head unit 7 inci touch screen serta tombol dan layar pengatur AC dual zone.

Geser ke bawah, tampak tuas transmisi manual yang tertera 6 gigi maju + 1 gigi mundur. Lalu, tuas electronic parking brake dan 4WD selector. Cukup lengkap fitur mewahnya.  Nah, kebetulan sekali kunci ada di dalam. Alhasil nyoba nyalakan. Injak pedal rem dan tekan tombol Start Stop Engine. Jreengg... Kok suara mesin sedikit kasar saat idle, coba diinjak pedal gas suara hilang dan cenderung halus. Penasaran, coba buka kap mesin.

Ohhh... ternyata mesin diesel! Kadjar yang dipanjang ini bermesin Energy dCI 130 4WD berspesifikasi 4 silinder, 16 valve, diesel common rail direct injection dengan tenaga maksimum 130 dk di 4.000 rpm dan torsi maksimum 320 Nm di 1.750 rpm. Sayang tidak bisa dijajal jalan Karena ini versi display. 

By the way, apakah SUV yang satu platform dengan Nissan Qashqai ini bakal dipasarkan di sini? “Belum tahu, yang pasti mobil ini (Kadjar, red) bukan prioritas untuk pasar Asia Pasifik,” jelas Susan Tan, Communication Director Asia Pasific Renault. Sayang...

Editor : Parwata

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa