Inovasi-Inovasi Unik Pelajar Dapat Apresiasi Dari PT Astra Honda Motor

Senin, 8 Agustus 2016 | 15:28 WIB

Jaringan dealer resmi sepeda motor Honda di berbagai daerah di Indonesia mengumpulkan siswa-siswi terbaik tingkat SMA untuk mengikuti Astra Honda Motor (AHM) Best Student 2016 di Kelapa Gading, Jakarta Utara (7/8).

Sebanyak 573 peserta dari 301 sekolah di Indonesia mengikuti kompetisi ini. Setelah melalui proses seleksi, terpilihlah 69 finalis yang memaparkan karya tulis bertema entrepreneur.

Penilaian seleksi tersebut berdasarkan atas keunikan ide, proses perencanaan, eksekusi jual-beli, laporan keuangan, hingga skema mempertahankan dan mengembangkan usaha.

Ide-ide mereka juga beragam, seperti membuat tas dari limbah labu kayu hasil karya peserta asal Bengkulu Selatan, lotion anti nyamuk dari limbah biji duku hasil karya peserta asal Jambi, kerupuk dari kulit mangga hasil peserta asal Semarang, dan lain-lain.

Deputy Head of Corporate Communication AHM, Ahmad Muhibbuddin mengatakan program AHM Best Student tahun ini dproyeksikan untuk mendorong lahirnya generasi muda kreatif yang bisa memberikan manfaat untuk sesama.

"Kami ingin membekali anak-anak pilihan ini dengan pengetahuan dan motivasi yang akan mendorong mereka untuk bermimpi dan menghasilkan ide dan karya yang bermanfaat untuk masyarakat dan bangsa," ungkap Ahmad.

Pemenang dari kompetisi ini adalah Wendi, peserta dari SMK Negeri 1 Pangkalpinang.

Wendi membuat teh dan kripik olahan dari nangka belando, atau yang biasa disebut dengan sirsak. Ia mengatakan, selain untuk cemilan, teh olahan sirsak ini juga bermanfaat untuk mencegah penyakit kanker.

"Insiprasinya dari ayah yang mengidap kanker THT (telinga, hidung, tenggorokan) stadium 2," ujarnya.

Editor :

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA