Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Salah Kaprah Ketika Memilih Kaca Film

Rabu, 24 Agustus 2016 | 11:30 WIB

Tidak sedikit orang yang baru saja meminang mobil bekas dengan kondisi kaca film memprihatinkan. Mulai dari bergelombang hingga terlihat benjolan. Nah, ada baiknya Anda sambangi gerai kaca film terdekat untuk menggantinya.

Pun begitu, sebelum Anda meminangnya, sebaiknya pahami dulu segala hal tentang kaca film.

“Banyak masyarakat yang salah kaprah tentang kaca film sehingga salah ketika memilihnya,” jelas Aditya S. Widjaja, selaku juragan Key Auto Film, Bekasi.

Seperti yang diilustrasikan olehnya, bahwa kaca film gelap tidak selalu dapat menolak panas dengan baik atau kaca film yang lebih terang dan lebih bening, dianggap lebih panas daripada kaca film yang lebih gelap.

“Hal ini adalah anggapan yang salah, karena kaca film bening ataupun clear bisa lebih bagus dalam menolak panas dibandingkan kaca film dengan kegelapan 80%,” jelasnya.

Menurut pria ramah ini, hal ini karena teknologi kaca film clear tersebut sudah menggunakan teknologi yang canggih atau sudah high end dan bukan kaca film low end yang fungsinya hanya untuk menggelapkan saja.

“Sebagai contoh kaca film First Klass 70 dan First Klass 55 adalah jenis kaca film bening yang mempunyai daya tolak panas tinggi,” tuturnya.

Nah, salah kaprah berikutnya adalah Kaca film dengan spesifikasi angka ultra violet rejected 99% yang banyak beranggapan bahwa kaca film tersebut bagus dan dingin.

“Ini anggapan salah, karena panas matahari bukan hanya diukur dari sinar ultra violet saja tetapi juga diukur dari sinar infra red,” bilangnya.

Sementara itu Yuliana, Sales & Marketing, Kabuki Auto Shop, Ruko Malibu Square, Tangerang Selatan ikutan berembuk soal salah kaprah ini. Katanya, banyak pemilik mobkas yang beranggapan kalau kaca film hanya berfungsi untuk menolak panas.

“Anggapan ini salah, karena selain untuk menolak panas, kaca film juga berfungsi untuk menahan pecahan kaca jika terjadi benturan, agar pecahan kaca tidak menimpa ke pengendara, tentunya dalam hal ini melapis kaca depan mobil sangatlah penting,” bilangnya.

Masih menurutnya, salah kaprah berikutnya adalah Kaca film bewarna silver lebih bagus dalam menolak panas dibandingkan kaca film warna hitam.

“Hal ini salah, karena dengan teknologi pembuatan kaca film saat ini yang sudah canggih maka kaca film warna hitam dapat menolak panas dengan baik bahkan mempunyai kualitas lebih tinggi dibandingkan kaca film warna silver,” tutupnya. • (otomotifnet.com / Ndha)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa