Suzuki S-Cross Pakai Mesin Lama 1.5 Liter

Kamis, 11 Agustus 2016 | 08:58 WIB

Jakarta - Suzuki Indomobil Sales (SIS) siap untuk meluncurkan mobil baru hari ini, yakni Suzuki S-Cross. Disebut-sebut sebagai penerus SX-4, sampai usungan mesinnya pun sama dengan sang pendahulu.

Ya, di India sana, Suzuki S-Cross dibekali mesin diesel DDiS yang terkenal 'bandel' dan irit BBM. Berkapasitas hanya 1.3 liter. Mesin diesel ini sanggup memproduksi tenaga 89 dk dan torsinya 200 nm. 

Klaim ARAI, sebagai lembaga pengujian bahan bakar di India, konsumsi bahan bakarnya tergolong irit. Suzuki S-Cross 1.3 diesel hanya butuh 1 liter solar untuk jarak sejauh 23,65 km.

Bagaimana untuk di Indonesia? Kemungkinan besar juga akan mengunakan mesin 'bandel' dan irit BBM. Meski tergolong mesin lama, mesin berkode M15A ini sudah malang melintang di Tanah Air.

Lekukan bagian belakang didesain untuk memiliki bentuk yang aerodinamis

Mulai dari Suzuki Jimny berkode M13A 1.3 liter, Suzuki Aerio, Suzuki Baleno Milenium, dan Suzuki SX4 X-Road generasi pertama pernah menggunakan mesin yang sudah digantikan dengan seri K sebagai yang terbaru.

Tenaga mesin M15A yang akan digunakan di Suzuki S-Cross ini umumnya memiliki tenaga berkisar antara 100 dk dan torsi 133 Nm. Namun Suzuki Indonesia sepertinya sudah melakukan penyesuaian, salah satunya dengan menaikkan kompresi mesin sampai 11:1.

Sehingga selain tenaganya diharapkan bisa lebih tinggi, juga konsumsi bahan bakar jadi lebih irit. Meski konsekuensinya harus minum BBM minimal sekelas Pertamax.

Kenapa kira-kira Suzuki Indonesia menyematkan mesin M15A ini pada S-Cross? Jawabannya akan OTOMOTIFNET tanyakan saat peluncurannya berlangsung yaa siang ini.

Editor : Bagja

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA