Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

First Impression Daihatsu Sigra R A/T, No Compromise

Parwata - Sabtu, 13 Agustus 2016 | 09:20 WIB

Harga murah dan desain kompak ternyata tidak jadi alasan Daihatsu untuk membuat satu pun dari penumpang Sigra terasa tidak nyaman

Jakarta - MPV termurah hasil kolaborasi Daihatsu- Toyota baru saja diluncurkan. OTOMOTIFNET suka bagaimana eksterior Sigra cukup terlihat agresif berkat gril radiator heksagonal besarnya. Tak lupa interior didesain agar tidak terlihat dan terasa, semurah label harganya. Namun terlihat serba tak mengecewakan luar-dalam, apakah performanya pun demikian?

Masuk ke dalam, lihat kunci desain sudah mirip Xenia R alias dilengkapi dengan immobilizer, jadi tidak bisa sembarang duplikat kunci untuk menyalakan mesin. Langsung ketara, posisi duduk lebih rendah dibanding Xenia, sebagian thanks to platform monokok Sigra. Jok juga cukup empuk, meski ketebalan tidak istimewa.

Waktunya mencoba jadi penumpang. Masuk ke baris kedua, menapak ke dalam juga terasa lebih mudah, pun tidak ada ganjalan besar antara pintu dan kabin karena foot step lebih rata. Bila di depan head rest-nya terintegrasi, penumpang sepertinya justru lebih dimanjakan dengan tipa adjustable.

Buka jok tengah pakai tuas one touch tumble, kini saatnya menguji apakah jok paling belakang pantas diduduki oleh orang dewasa.  Dengan jok baris kedua di-slide tidak terlalu ke depan, OTOMOTIFNET setinggi 175 cm masih dapat leg room sehingga tidak terasa terlalu sempit!

Enaknya lagi, pilar C yang besar dan bubblehead lining tidak akan membuat penumpang paling belakang merasa clausterphobic, kecuali bila kepala anda bersandar pada headrest adjustable-nya. Oh ya, sayangnya tidak seperti Calya, Sigra tidak kedapatan safety belt 3 titik di jok baris ketiga, serta untuk penumpang tengah jok baris keduanya.

Sebelum mengakhiri sesi foto, kami penasaran untuk mendengar deru mesin Etios yang disempurnakan tersebut. Putar kuncinya, bunyi mesin 3NR-VE berkapasitas 1.197 cc dengan Dual VVT-inya terdengar halus. Curi-curi kesempatan, kami pun memindahkan posisi parkir Sigra dan terasa akselerasi awalnya yang cukup lembut. Sayangnya, unit yang dites ini memang bukan untuk sesi first drive. Penasaran sesi sesungguhnya, tunggu di edisi depan ya!

Data Spesifikasi:
Mesin: 3NR-VE 4-silinder segaris, 16 klep, DOHC dengan Dual VVT-i
Kapasitas: 1.197 cc
Rasio Kompresi: 11,5 : 1
Layout Mesin: Mesin Depan Penggerak Depan
Tenaga Maksimum: 88 dk @ 6.000 rpm
Torsi Maksimum: 108 Nm @ 4.200 rpm
Transmisi: Otomatis 4-percepatan
Dimensi (p x l x t): 4.070 mm x 1.655 mm x 1.600 mm
Wheelbase: 2.525 mm
Ground Clearance: 180 mm
Radius Putar: 4,5 m
Sistem kemudi: EPS (Electronic Power Steering)
Suspensi Depan: MacPherson Strut dengan Per Keong dan Stabilizer
Suspensi Belakang: Semi Independent Torsion Axle Beam dengan Per Keong dan Stabilizer
Rem Depan/Belakang: Cakram Berventilasi/Teromol dengan ABS
Ukuran Ban: 175/65 R14 Bridgestone Ecopia
Kapasitas Tangki: 36 liter

Editor : Parwata

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa