Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tips Komunitas - Toyota Agya Club (TAC): Atasi Susah Oper ke Gigi Mundur

Parwata - Selasa, 16 Agustus 2016 | 08:38 WIB

Jakarta - Bagi pengguna Toyota Agya khususnya yang bertransmisi manual, mungkin pernah mengalami masalah ketika ingin memindahkan transmisi ke posisi mundur, seperti yang dialami oleh beberapa anggota dari Toyota Agya Club (TAC).

Masalah ini memang kerap kali terjadi pada Agya, namun tidak semua varian dari Agya yang mengalami hal tersebut, banyak keluhan terjadi pada Toyota Agya type G keluaran tahun 2013.

“Rata-rata terjadi keluhan tersebut ketika mobil sudah menempuh 15.000 km sampai 20.000 km,” ujar Perdana Abadi, penasehat Toyota Agya Club. “Solusi yang biasanya dilakukan, memainkan tuas pedal kopling ditekan lalu dilepas dan ditekan lagi, sambil memasukan transmisi ke posisi mundur,” terang pria ramah tersebut.

Penyetelan pedal kopling juga bisa menjadi solusi untuk masalah ini. “Perhatikan setelan, jarak bebas pedal kopling yang baik itu sekitar 2-3 cm,” ujar Helmi Adam dari Toyota Astra di Jl. Raya Kebayoran Lama, Jaksel.

Selain itu, penyebabnya bisa juga karena kampas kopling yang habis karena cara berkendara yang tidak wajar. “Biasanya sering menggantung pedal kopling saat posisi macet di tanjakan,” ungkap Helmi, sapaan akrabnya.

Pengecekan kampas kopling itu idealnya ketika kendaraan sudah sudah 40.000 km, seperti yang tercantum dalam manual book. Namun karena cara berkendara yang tidak wajar, belum sampai 40.000 km sudah bisa habis kampas koplingnya.Nih langkahnya:

1. Jika transmisi susah untuk dipindahkan ke posisi mundur. Injak pedal kopling, lalu lepaskan dantekan lagi sambil dicoba memindahkan transmisi ke posisi mundur.
2. Jika sehabis melakukan perpindahan dari transmisi maju mau berpindah ke transmisi mundur, janganlangsung dipindahkan. Pastikan tuas persneling pada posisi netral terlebih dahulu, lalu tekan koling,baru lakukan perpindahan ke transmisi mundur.
3. Untuk penyetelan jarak bebas pada tuas pedal kopling, bisa menggunakan penggaris untuk mengukurnya.Jarak bebas pedal yang ideal itu antara 2-3 cm, dihitung dari pedal dalam kondisi tidak ditekan.
4. Ini lokasi ujung kabel kopling dan tuas pengungkit kopling, dari sini juga kita setting jarak bebaspedal kopling.
5.  Perhatikan juga kilometer yang ada di mobil, jika sudah melebihi 40.000 km, ada baiknya mengecek kondisi kopling berikut kampasnya ke dealer resmi terdekat.

Editor : Parwata

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa