Rio Haryanto Debut Pembalap Asia Ketiga Terbagus

Sabtu, 13 Agustus 2016 | 13:31 WIB

OTOMOTIFNET - Kiprah Rio Haryanto di F1 musim ini tak berlanjut semusim penuh sehingga pihak Manor Racing menggantikan Rio Haryanto dengan Esteban Ocon. 

Kendala tunggakan dana yang tak terpenuhi dan janji Kemenpora yang tak jua terealisasi memaksa Rio Haryanto mesti memupus tekadnya bisa menuntaskan kompetisi F1 tahun ini semusim penuh. 

Akan tetapi kejadian yang menimpa Rio Haryanto tak berarti bencana karena sebelum sudah pernah terjadi dan bahkan merupakan hal yang lazim. 

Bila menilik statistik pembalap Asia yang melakukan debut di F1 sejak musim 2001. Penampilan Rio Haryanto terbilang kategori bagus. 

Tak pelak beberapa apresiasi diungkapkan buat Rio Haryanto seperti yang diungkapkan Damon Hill (juara dunia F1 1996). "Kupikir kamu telah melakukan tugas yang bagus. Semoga saja ada tim yang menerima kamu segera," cuit Damon Hill. 

Yup... apa kata Damon Hill memang benar adanya. Alex Yoong mengawali debut F1 di musim 2001 silam, hanya melakukan 3 kali start. (lihat tabel). 

Makan waktu hampir 15 tahun di pentas F1 kembali hadir pembalap yang berasal di Asia Tenggara. Rentang 2002-2012 rata-rata pembalap F1 dari Asia diwakili Jepang atau India. 

Bila membandingkan penampilan debut pembalap Asia di musim 2001-2016, Rio Haryanto masih terhitung pembalap yang mengantongi start terbanyak. 

Narain Kartikeyan dan Takuma Sato tercatat menjadi pembalap debut di F1 asal Asia yang mengoleksi start terbanyak 19 dan 17 kali start. 

Editor :

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA