Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ini dia Wajah Mobil Desa, Ada yang 4x4 Nih!

Bagja - Minggu, 14 Agustus 2016 | 12:13 WIB
No caption
No credit
No caption

Solo - Unit berbentuk pick-up  berwarna putih ini terlihat pada salah satu stand pameran Ritech Expo 2016, dalam rangka Hari Teknologi Nasional (Harteknas) ke 21 yang berlangsung di parkiran Stadion Manahan, Solo.
 
Stand yang dimaksud adalah stand Universitas Negeri Semarang (Unnes). Nah unit pick-up putih itu adalah unit prototype Mobil Desa.  

Bermesin 970cc 4 silinder injeksi, dengan transmisi 5 speed plus transfer case. Artinya pick up putih ini dilengkapi gardan ganda atau berpenggerak 4x4.

No caption
No credit
No caption
Mobil Desa

Tampak balutan ban kembang kasar pada keempat roda, Achilles Desert Hawk 27x8.50-15 pada pelek ukuran R15. Bila diintip ke kolongnya, ada bongkahan gardan di depan. 

Eh, sistem suspensinya bukan lagi perdaun. Gardan depan belakang ditopang kombinasi per spiral, sokbreker dan batang arm. 

Bisa jadi display parkirnya jadi enggak lazim seperti menunjukan kelenturan sistem kaki-kaki nya.

Mobil Desa

“Sistem suspensinya rigid axle coil spring, Kalau bobotnya total berkisar 750 kg. Kebetulan yang kami pamerkan ini yang mengusung gardan ganda,” ujar Widya Aryadi dosen Jurusan teknik mesin Unnes ketika dijumpai OTOMOTIFNET.
 
Menurutnya, Unnes memang menjalin kerjasama dengan pihak kementrian Perindustrian (kemenperin) sejak tahun 2012 untuk menghadirkan rancangan Mobil Desa. Kabarnya sudah ada 7 unit prototipe yang kelar dirancang khususnya di wilayah jawa Tengah. 

Desainnya didedikasikan untuk digunakan pada desa tropis. “Tugas kami di perguruan tinggi ya merancang sesuai  spesifikasi yang diperlukan. Seperti platform rangka dan kabinnya. 
Lantas  bekerja sama dengan beberapa penghasil komponen industri seperti karoseri misalnya. Tujuan kedepan supaya mereka  juga tumbuh berkembang,” lanjut Widya sapaannya.
 
Unit ini sudah melewati sejumlah tahap. Seperti purwarupa (prototype), uji emisi euro 2, bahkan sudah uji coba jalan atau endurance sejauh 100.000 km. Untuk mesinnya disuplai Viar. 

Jika kelak nanti diproduksi akan tersedia beragam model. Jadi  disesuaikan dengan kebutuhan konsumen itu sendiri. Ada yang model d-cab, stationwagon, bak belakang dengan pintu 3 way dan lainnya.

Editor : Bagja

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa