Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Austria Tak Sekadar Sukses Perdana Buat Ducati

Senin, 15 Agustus 2016 | 08:06 WIB
No caption
No credit
No caption

AUSTRIA - Andrea Iannone akhirnya memecahkan paceklik kemenangan Ducati sejak 2010 lampau. Puasa enam musim lamanya terbayarkan dengan kemenangan Andrea Iannone di MotoGP ronde 10 di sirkuit Red Bull Ring, Austria (14/8). 

Prestasi dan sejarah pribadi ditorehkan Andrea Iannone karena kemenangan di MotoGP Austria adalah kemenangan pertama sepanjang berkiprah di MotoGP.  

Ternyata, bukan hanya Andrea Iannone yang mencetak prestasi perdana. Ada beberapa peristiwa perdana juga di ajang MotoGP Seri 10 itu. Salah satunya adalah sirkuit Red Bull Ring menjadi host MotoGP sejak era 4-Tak diperkenalkan pada 2002 silam saat masih bernama sirkuit A1 RIng. 

Sirkuit A1 Ring pernah menghelat event MotoGP yang sebelumnya lebih banyak dikenal dengan GP Motor yang dibagi dalam kelas GP500, GP250 dan GP125 yang mengusung teknologi mesin 2-Tak pada 1996-1997 silam. 

Trek dengan rentang 4,318 km dengan total 10 tikungan terbagi 7 tikungan kanan dan 3 kiri memiliki karakter high speed karena tidak banyak tikungan variatif yang mesti dilibas dengan gigi rendah. 

Fakta Red Bull Ring berkarakter trek berkecepatan tinggi ini membuatnya klop dengan Ducati yang memiliki tenaga mesin paling digdaya dari seluruh kuda besi kontestan MotoGP musim ini. 

Benefit buat Desmosedici itu benar-benar dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh tim Ducati yang dimenangi Andrea Iannone dan Andrea Dovizioso di posisi kedua. 

Akankah Ducati dapat mempertahankan performa seperti ditorehkan di Red Bull Ring. Jawabnya bisa ya dan tidak. Apalagi menilik hanya Red Bull Ring yang memang karakternya pas dengan Desmosedici GP andalan Andrea Iannone dan Andrea Dovizioso musim ini.

Fakta perdana apa saja yang terjadi di Red Bull Ring Austria lalu? Berikut beberapa uraiannya. (otomotifnet.com)

 

No caption
No credit
No caption
Dani Pedrosa menjadi pembalap pabrikan yang amat kesulitan di MotoGP Seri 10 Austria (12-14/8) lalu
Dani Pedrosa menjadi pembalap MotoGP pertama yang mengalami crash di Red Bull Ring, tepatnya di sesi FP1. Insiden itu melemparkan RC213V di tikungan 9 menuju run-off area tikungan 10 yang berlapis aspal dengan derasnya hingga motornya membentur pagar udara dan merusak air fence. Efeknya, sesi FP1 sempat dikibasi bendera merah tanda dihentikan. 

 

No caption
No credit
No caption
Winglet di Austria hampir mirip seperti di YZR-M1 pabrikan andalan Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi
Winglet ala YZR-M1 milik Lorenzo dan Rossi jadi tren di MotoGP ronde 10 di Red Bull Ring, Austria. Sayap kecil (winglet) yang diaplikasikan kubu Yamaha banyak ditiru oleh para rival, baik itu tim Ducati (sayap baru di tim pabrikan), Pramac Racing (Danilo Petrucci dan Scott Reding) dan LCR Honda (Cal Crutchlow).. 
No caption
No credit
No caption
Tercatat ada lima pembalap yang ketahuan melakukan jump start. Salah satu pembalap, Hector Barbera, diganjar diskualifikasi karena tak mengindahkan ride through penalty
Seri MotoGP Seri 10 Austria menjadi ajang paling banyak pembalap yang melakukan jump start. Ada sekitar 5 joki di kelas MotoGP yang divonis mencuri start. Mereka adalah Stefan Bradl, Alvaro Bautista, Yonny Hernandez, Cal Crutchlow dan Hector Barbera. Nama terakhir diganjar bendera hitam (diskualifikasi) akibat tidak mengacuhkan perintah menjalani ride through penalty sebagai hukuman melakukan jump start. 

 

No caption
No credit
No caption
Juara di ketiga kelas, Moto3, Moto2 dan MotoGP sekaligus juga peraih pole position
Para pemenang di ronde 10 Red Bull Ring, Austria di ketiga kelas baik Moto3, Moto2 dan MotoGP adalah para pembalap yang start di posisi terdepan atau pole sitter. Uniknya para pole sitter di ketiga kelas itu harus tercecer dulu dari barisan depan dan lalu di akhir-akhir lomba berhasil menyalip dan finish sebagai juara. Joan Mir (Moto3), Johann Zarco (Moto2) dan Andrea Iannone stereotip terkait dengan keberhasilannya jadi juara di Austria.

 

Joan Mir dan Andrea Iannone memiliki persamaan di ronde 10 MotoGP Austria. Mereka mengoleksi kemenangan perdananya dan diraih setelah meraih pole position
Joan Mir dan Andrea Iannone memang berbeda kelas yang diikutinya, Satu turun di Moto3 dan MotoGP. Akan tetapi di Austria ini keduanya memiliki persamaan yang plek-plek sama. Yaitu keduanya menorehkan kemenangan perdananya di masing-masih kelas. Joan Mir menorehkan kemenangan pertama kali di kiprahnya di Moto3 dan Andrea Iannone mengukir kemenangan pertamanya sepanjang ia berkarier di MotoGP.

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa