Partner Petualang : Mercedes-Benz GLE 400 Exclusive 4MATIC

Senin, 22 Agustus 2016 | 16:59 WIB

Bila Anda seorang pengusaha sukses yang gemar bertualang, sudah tepat bila memilih mobil jenis SUV premium. Salah satu pilihan yang tersedia di pasar adalah Mercedes-Benz GLE 400 Exclusive 4MATIC.

Bisa dibilang, GLE 400 adalah M-Class dengan tampilan yang sedikit mengalami perubahan. Tetapi mobil yang masih menggunakan basis W166 ini tampil lebih fresh dan modern dengan sejumlah penambahan fitur. Karakternya mudah dilihat dari tampilan pilar C serta desain kaca belakang yang terintegrasi dengan harmonis sejak model ini pertama diproduksi pada tahun 1997.

Mesin yang diusung GLE 400 pun tak ubahnya M-Class masih menggunakan tipe V6 dengan sejumlah perbaikan. Mesin berkode M276 ini sebenarnya terkait dengan mesin Chrysler Pentastar V6. Karena basis kedua mesin ini sama, pengembangan pun dilakukan berbarengan ketika saham Chrysler masih dimiliki Daimler AG. Mesin V6 dengan sudut 60 derajat ini merupakan pengembangan dari mesin generasi sebelumnya yakni M272 yang memiliki sudut 90 derajat.

Mesin yang memiliki kapasitas 2.996 cc ini bisa menyuplai tenaga hingga 333 dk serta torsi 480 Nm. Tenaga disalurkan melalui transmisi dual clutch 7-percepatan 7G-TRONIC Plus ke semua roda. Yang mengejutkan, mobil yang memiliki bobot 2.130 kg ini bisa melesat hingga kecepatan 100 km/jam hanya dalam tempo 6,5 detik! Lebih cepat 1,5 detik ketimbang ML 400 yang pernah kami coba sebelumnya.

Akselerasi pertengahannya pun terbilang impresif bila dilihat dari dimensi yang bongsor. Untuk meraih kecepatan 20 km/jam sampai 40 km/jam, mobil ini hanya membutuhkan waktu 1 detik. Artinya, walau terbilang bongsor mobil ini juga cukup gesit untuk penggunaan dalam kota.

Tak hanya itu, meraih kecepatan dari 40 km.jam hingga 80 km/jam sebagai ilustrasi perjalanan luar kota, mobil ini hanya butuh waktu 2,6 detik. Dan sebagai simulasi mendahului mobil lain di jalan tol, GLE 400 cuma butuh waktu 1,9 detik untuk melaju dari kecepatan 80 km/jam – 100 km/jam.

***##***

Sebagai SUV murni, GLE 400 punya posisi mengemudi yang tinggi. Bodi bongsor khas SUV juga membuat feeling berkendara jelas berbeda. Ditambah lagi dapur pacu yang kini punya tenaga lebih besar membuat GLE memiliki performa lebih beringas dibandingkan pendahulunya. Tapi berkat fitur Agility Control pada suspensi membuat handling bisa lebih terkontrol.

Duduk di jok belakang, penumpang juga dapat merasakan kenyamanan yang ditawarkan GLE. Penumpang yang duduk di baris kedua akan dikejutkan oleh luas ruang kaki yang tersedia. Untuk menemani Anda berpetualang, Luas bagasi bisa dimaksimalkan hingga 2.010 liter ketika jok belakang dilipat secara penuh ke depan, GLE mampu membawa barang lebih banyak di bagasi.

Menarik ketika Anda melaju saat malam hari, Anda akan ditemani lampu desain baru dengan Daytime Driving Lights serta LED Intelligent Light System. Sorotan LED yang terang mampu beberikan visibilitas terbaik ketika malam hari. Dengan fitur Adaptive Lamp, Anda akan dimanjakan oleh sinar yang mengarah ke segala arah, bahkan ketika lingkar kemudi diputar, arah cahaya akan membantu menyinari sudut yang akan dituju.

Editor : andy
loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA