Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Begini Caranya Menaruh Barang Dengan Aman

andy - Selasa, 23 Agustus 2016 | 17:51 WIB

Walau diatas instalasi audio, begini cara menaruh barang dengan aman. Salah satu poin penting dalam membangun sistem in car-tainment adalah penataan komponen agar aman dan punya estetika yang baik. Menurut Hongyono, instalatur audio Prisma, Duri Kepa, Jakarta Barat, keinginan konsumen berbeda-beda, antara lain ingin bagasinya tetap bisa buat menaruh barang bawaan. Misalnya kereta bayi, tas, atau koper.

Setelah keinginan konsumen diketahui, barulah penentuan jenis dan ukuran komponen yang dipakai. “Perhatikan ruang yang tersedia agar komponen yang dipakai bisa muat,” kata Ahong, sapaan akrab Hongyono. Setelah itu bisa dilakukan penempatan dengan beragam posisi. Jika komponen tak mau kelihatan, bisa diletakkan di bawah kursi.

Nah, jika komponen audio mau dipajang di bagasi, tetap aman mesti ada trik khusus.  Menurut Johny Chandra, instalatur Mega Audio, Green Garden, Jakarta Barat, salah satu cara komponen aman adalah dengan melindunginya memakai ram besi atau akrilik. “Ram besi tebalnya 1,5 mm dipasang menutupi power amplifier,” kata Johny. Lubang ram besi ada yang berdiameter 6 mm sampai 2 cm.

Dengan adanya penutup dari ram besi atau akrilik yang diberi lubang, barang bisa ditaruh di atasnya tanpa mengganggu fungsi komponen in car-tainment. “Biasanya tak langsung ditaruh di atas ram, tapi diberi lapisan karpet dahulu,” ungkap Johny. Nah, dengan begini tak ada halangan buat menaruh barang walau di bagasi ada komponen audio.

Selain hal di atas, Andreas, instalatur Audio Plus, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, punya trik lain untuk mengamankan komponen audio. Komponen yang diamankan adalah subwoofer.

Andreas pernah menaruh subwoofer Crescendo 10 inci yang di tempat dongkrak. “Dongkraknya saya pindah ke tempat sepatu di belakang jok yang kecil, saya pikir bisa masuk situ,” bilang Andreas.  Boks subwoofernya berukuran 10 liter. Untuk melindungi subwoofer dibuatkan penutup dari pelat berlubang. Efeknya tak ada perubahan volume pada bagasi.

Gril Speaker
MELINDUNGI KONUS DARI BENTURAN

Komponen yang wajib diproteksi adalah speaker dan subwoofer. Biasanya instalatur menggunakan gril dari besi. Grilnya dibentuk sesuai dengan ukuran speaker. Cara ini efektif melindungi konus speaker dan subwoofer dari benturan benda keras.

Khusus untuk tweeter usahakan pelindungnya tak begitu tak begitu rapat. Hal ini perlu diperhatikan agar tak menghalangi semburan frekuensi tinggi yang wajib langsung sampai ke telinga.

Editor : andy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa