Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cegah Aki Moge Soak Karena Kelamaan Parkir, Pakai Charger Universal Seperti Ini

Parwata - Rabu, 31 Agustus 2016 | 11:32 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Jarang sekali yang pakai moge buat harian, lebih sering menghuni garasi menunggu weekend datang untuk riding di kala jalanan senggang. Kalau kelamaan mesin enggak nyala, perlu diperhatikan kondisi akinya, bisa tekor nih

“Meskipun dalam kondisi mati, aki tetap bekerja karena ada kebutuhan arus untuk alarm dan perangkat lainnya,” beber Tonny Usman kepala operasional Jakarta Motorbike (JM) Jl. Gading Kirana Timur, Kelapa Gading, Jakut. Solusinya, mesin harus sering dipanaskan agar pengisian aki bekerja.

Atau kalau sudah terlanjur tekor, harus charging aki setiap mau dipakai jalan. Hem.. Repot ya? Solusinya bisa pakai charger yang punya kemampuan memutus arus saat aki sudah full.

Ada beberapa merek di pasaran seperti Motobatt Waterboy, Noco Genius G3500 atau Optimate 6. Tinggal colok lalu lupakan saja, karena ketika aki sudah dalam kondisi penuh, tegangan charging-nya akan turun drastis bahkan terputus.

“Enggak perlu takut overcharge yang bisa bikin aki rusak, karena akan otomatis mati ketika sudah penuh. Kondisi aki selalu prima, saat motor mau dipakai tinggal gas,” beber Tonny yang memasarkan charger aki merek Optimate 6.

Charger yang dijual Rp 1,9 juta ini. Dengan harga segitu, sudah dilengkapi dengan kabel charger untuk motor-motor kecil dan satu lagi kabel charger universal untuk aki mobil. Produk lainnya ada Noco Genius G3500 yang dipasarkan oleh Midiatek dengan harga Rp 1,5 juta. Tidak hanya charging juga bisa mendiagnosa kerusakan aki sekaligus melakuka repair pada aki yang telah rusak, fitur yang juga ada pada Optimate 6. Yuk lihat cara pasangnya.

No caption
No credit
No caption
Seperti ini perangkat charger Optimate 6 untuk moge kesayangan
No caption
No credit
No caption
Jika sudah terpasang, indikator maintain akan menyala memastikan kondisi aki selalu terjaga di kondisi penuh
No caption
No credit
No caption
Pemasangan Optimate 6 khusus moge BMW butuh colokan khusus, bisa dibeli terpisah
Yang ini adalah Noco Genius G3500, bentuknya lebih kompak harga Rp 1,5 juta

Jakarta Motorbikes : 021-4534788
Midiatek : 0818795409

Editor : Parwata

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa