Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Biaya Servis All New Suzuki Satria 150 FI, Setahun Cuma Rp 275 Ribu

Parwata - Jumat, 9 September 2016 | 09:35 WIB
No caption
No credit
No caption

Di tahun pertamanya, Satria F150 harus melakukan 4 kali servis berkala, asyiknya ada 4 kupon gratis jasa servis!

Jakarta - Awal 2016 merupakan momen bersejarah karena menjadi kelahiran All New Suzuki Satria F150 injeksi. Semuanya baru dari rangka sampai desain bodi dan fitur-fiturnya. Nah, buat yang berencana memboyongnya jadi kendaraan harian, yuk OTOMOTIF bantu hitung biaya yang harus dikeluarkan untuk perawatan berkala.

Di tahun pertamanya, Satria F150 harus 4 kali servis berkala, dalam buku servis terdapat 4 kupon gratis jasa servis, itu berarti konsumen tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk jasa servis selama satu tahun.

“Kupon pertama ini gratis jasa servis & oli, jadi konsumen gak perlu keluar biaya sama sekali. Dilakukan pada 1.000 km atau 2 bulan tergantung mana yang lebih dulu dicapai,” ucap Hermanto, kepala mekanik di Suzuki Jatirangon, Bekasi, Jawa Barat.

Kemudian lanjut pada jadwal servis kedua pada 4.000 km atau 4 bulan, pada servis kedua ini kupon hanya gratis jasa servis saja.“Harus beli oli sendiri. Oli beli 2 botol yang berisi 800 ml, karena dibutuhkan 1,3 liter untuk mesin Satria F150. Sisanya bisa disimpan dan untuk tambahan oli di servis berikutnya,” lanjut Herman biasa disapa.

 

Servis berkala berikutnya dilakukan pada 8.000 km atau 8 bulan, beberapa part sudah harus diganti pada kilometer ini. Seperti busi, filter oli dan oli tentunya. “Saat servis tidak lupa langsam mesin diatur pada 1.300–1.500 rpm. Kalau dibawah itu mesin akan gampang mati ketika kondisi masih dingin,” jelas pria asli Sragen, Jawa Tengah ini.

Dan yang terakhir lakukan servis berkala di 12.000 km atau 12 bulan, “Selain oli mesin sudah saatnya filter udara juga diganti,” jelasnya. “Filter udaranya sudah menggunakan kertas elemen basah ada kandungan olinya, jadi jangan pernah dibersihkan apalagi disemprot karena akan membuat kandungan olinya hilang yang membuat debu kotoran tidak tersaring dan masuk ke dalam mesin. Kemudian ganti air radiator juga,” ujar Herman.

Saat servis terakhir di tahun pertama ini, cukup beli satu botol saja. Kan masih ada sisaan servis sebelumnya, dua kali 300 ml yang bisa dipakai untuk mencapai 1.300 ml, kapasitas oli mesin Satria F150. Jadi untuk melakukan servis berkala pada tahun pertama ini konsumen cukup menyiapkan kocek Rp 275.600 saja. Detailnya lihat tabel ya. (Fariz / otomotifnet.com)

Biaya Servis
1. (1.000 km) 

Jasa servis : gratis
Oli : Gratis

2. (4.000 km) 
Jasa servis : gratis
Oli : 2 x Rp 32.500

3. (8.000 km) 
Jasa servis : gratis
Oli : 2 x Rp 32.500
Busi : Rp 20.000
Filter oli : Rp 8.100

4. (12.000 km)
Jasa servis : gratis
Oli : Rp 32.500            
Filter udara : Rp 41.000
Water coolant : Rp 44.000

Suzuki Jatirangon 021-84592551

Tabel Pengecekan:
Bersihkan pernapasan bak mesin
Ganti oli mesin
Periksa saluran bahan bakar
Periksa cara kerja gas tangan
Periksa busi
Periksa putaran stasioner mesin
Persiksa cairan pendingin radiator
Periksa sistem pendingin
Periksa & lumasi rantai roda
Periksa minyak rem
Periksa keausan kampas rem
Periksa sistem rem
Periksa switch lampu
Periksa arah sinar lampu lampu depan
Periksa sistem kopling
Periksa standar samping
Periksa suspensi
Periksa mur, baut, pengencang
Periksa roda/ban
Periksa bearing kepala kemudi

Editor : Parwata

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa