Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mulai Berlaku Hari Ini, Menanti Ketegasan Petugas Bagi Pelanggar Ganjil-Genap

Bagja - Selasa, 30 Agustus 2016 | 15:21 WIB

Jakarta - Aturan Ganjil-genap di beberapa ruas jalan protokol di Jakarta mulai diberlakukan hari ini (30/8) setelah sebelumnya dilakukan uji coba dan dianggap berhasil. Kini, masyarakat yang melanggar tak hanya ditegur, tapi ditindak--dengan sanksi berat!

Pelanggaran normal, seperti menggunakan plat nomor ganjil di hari genap, denda maksimalnya bisa mencapai Rp 500 ribu. Bahkan, untuk yang kepergok menggunakan plat nomor palsu, bisa dipenjara.

Nah, judul diatas bukan untuk provokasi agar semua melanggar aturan tersebut. Namun lebih menekankan pada seberapa tegas nantinya petugas di lapangan bagi para pelanggar ganjil-genap. Kenapa?

Denda maksimal Rp 500 ribu tersebut sama dengan waktu operasi sterilisasi lajur TransJakarta diberlakukan. Sepeda motor di denda Rp 500 ribu dan mobil Rp 1 juta. Dan bagaimana kabar dari penerapan tersebut? Hanya heboh di awal, lalu terlupa begitu saja.

Kira-kira hanya satu bulan, memang lajur TransJakarta steril dari kendaraan pribadi, kecuali orang-orang nekat atau sedang banyak uang untuk bayar denda. Petugas pun dengan tegas menindak siapapun selain bus TransJakarta yang melintas di lajur khusus tersebut.

Namun hari ini? Silakan cek sendiri di lapangan. Lajur TransJakarta sudah kembali ramai oleh kendaraan pribadi. Kenapa bisa ramai lagi? Karena tidak ada penindakan! Ya, denda masuk lajur TransJakarta ternyata hanya angin lalu.

Karenanya, apakah masyarakat kali ini harus optimis petugas bakal tegas dan konsisten bagi para pelanggar ganjil-genap? Atau bakal sama dengan kondisi sterilisasi lajur TransJakarta, ketat dan tegas di awal, kemudian dibiarkan begitu saja.

Kalau memang bakal seperti itu kondisinya, ya lebih baik kita melanggar ramai-ramai aturan ganjil genap dari hari pertama diterapkan--tidak perlu menunggu sampai pengawasan kendor. 

Toh pada akhirnya kita tidak bisa mengharapkan pengawasan petugas selalu tegas dan konsisten. Selain itu, masyarakat Jakarta selalu punya cara untuk mengakali banyak hal di jalan raya. Benar? Semoga saja opini ini salah..

Editor : Bagja

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa