Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Modifikasi Toyota Land Cruiser FJ40 1978, Prado Dibungkus FJ

Parwata - Sabtu, 10 September 2016 | 11:38 WIB

Desain Toyota FJ40 yang simpel namun perkasa, bikin sosoknya tak mudah dimakan zaman. Makanya banyak yang kepincut

Solo - Haryo Pembangun bangga banget bisa memiliki 1 unit Toyota Land Crusier FJ40 berwarna hitam yang gagah. Selain bodinya yang rapi dan bersih, namun bila diintip kolongnya, sistem kaki-kakinya beda. Kini tak lagi andalkan per daun dan rigid. Pun ketika kap mesin dibuka. Wah bukan lagi mesin 2F, 6 silinder segaris berkapasitas 4.200 cc, namun berganti peminum Solar.

“Konsepnya kejar kenyamanan karena buat pemakaian harian. Maka kaki-kaki dan dapur pacu bawaan lengser semua. Gantinya Toyota Prado lansiran 2005, 4 slinder 3.000 cc, plus girboks matik,” ucap pria 43 tahun yang bekerja di Hyundai Solo Baru. Modifikasinya ditangani langsung oleh Daniel Sucipto, owner bengkel jip off-road Sendang 4x4, yang berada di Kartasura. Seluruh komponen Prado ditebus half cut dari Jakarta.  

Mulai dari mesin, girboks dan kaki-kaki pakai milik Prado. Komplet berikut kaki depan model sayap dan rem cakram, juga gardan dengan final gear 10:43. Tentu butuh ubahan. “Rangka sasis bawah itu kombinasi. Yang depan pakai punya Prado, saya kawinkan dengan rangka bawaan jip ini yang sudah dipotong. Semuanya diperkuat lagi, supaya bantingan suspensinya sesuai Prado dan stabil.

Ketimbang saya custom sayap depannya. Ini yang penting,” yakin Cipto Sendang, panggilan akrabnya tanpa buka lebih detail soal penyambungan rangkanya. Lantas peredam kejut dan per model spiral tertanam pada keempat roda. Swing arm yang terkoneksi dengan gardan belakang, diakui olahan Sendang 4x4.

Posisi mesinnya rada mundur sekitar 15 cm, tujuannya menyesuaikan transmisi matik, juga propeller shaft serta gardan belakang, yang pasti diklaim center. “Lalu ECU saya umpetin di bawah dasbor bawaan TLC FJ. Makanya bila lihat interiornya, enggak tertanam dasbor Prado. Agar kesan klasik masih ada,” yakin mekanik yang kondang sebagai jago oprek ECU. * Gombak

Data Modifikasi
Mesin: Toyota 1KZ-T, 3.000 cc
Gardan: Toyota Prado
Suspensi: Prado dan Procomp
Arm gardan: Custom
Pelek: Belisitin R21
Ban: Hankook Dynapro 210/45R21
Bengkel: Sendang4x4, 0813-9350 0653

Plus: Stabil, tenaga mesin oke
Minus: Naik ke kabinnya lumayan repot karena tinggi

 

Editor : Parwata

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa