Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Begini Langkah Pengujian V-belt, Untuk Memastikan Kualitas dan Kinerja!

Kamis, 22 September 2016 | 10:16 WIB
Pengujian V-belt
Aant/otomotifnet
Pengujian V-belt

Jakarta - Menjaga kualitas V-belt atau sabuk CVT agar selalu sesuai dengan standar pabrik pemesan, baik itu APM seperti Honda, Suzuki, TVS, Piaggio dan lainnya, maupun yang aftermarket seperti Aspira, selalu dilakukan pengujian.

Pengujian V-belt saat pengembangan produk agar sesuai dengan spesifikasi yang diinginkan dan ada pengujian rutin untuk memastikan kualitas produksinya selalu sama.

“Ada pengujian dimensi setelah proses produksi, dan ada juga pengujian properties yang dilakukan seminggu sekali untuk menjaga mutu,” terang Candra Sakti, Customer Representatif PT Bando Indonesia, produsen V-belt yang banyak dipakai sebagai OEM maupun aftermarket.

Apa saja sih pengujiannya? (Aant / otomotifnet.com)

Pengujian V-belt
Aant/otomotifnet
Pengujian V-belt
 
Pengujian V-belt
Aant/otomotifnet
Pengujian V-belt

Thickness
Menyatakan ketebalan V-belt, yang tentu saja tak hanya mempengaruhi kinerja karena langsung bersinggungan dengan puli, namun juga berhubungan dengan kekuatan. Jadi ketebalan V-belt harus sesuai standar tiap motor. Untuk BeAT misalnya punya lebar 8,53 mm.

Center Distance
Data ini menerangkan tentang panjang V-belt, yang juga akan berhubungan dengan kinerja. “Bila lebih panjang dari standarnya, respons jadi lebih telat, kalau lebih pendek bikin ngredek seperti V-belt yang terlalu lebar,” terang pria 32 tahun ini. Contoh panjang V-belt Aspira untuk BeAT 259,70 mm.

Pengujian V-belt
Aant/otomotifnet
Pengujian V-belt

Top Width
Data ini menunjukkan lebar v-belt, yang mana tentu saja harus sesuai dengan standar masing-masing peruntukan motor. “Jika tak sesuai, maka akan membuat kinerja motor enggak maksimal. Jika melebihi standarnya, bisa bikin ‘ngredek’ saat mesin masih stasioner, jadi enggak nyaman. Sebaliknya jika lebih sempit jadi kurang responsif,” terang Candra. Pengukuran menggunakan sigmat digital. Sebagai contoh lebar v-belt Aspira untuk Honda BeAT 18,30 mm.

Pengujian V-belt
Aant/otomotifnet
Pengujian V-belt

Run Out
Parameter yang dites berikutnya adalah run out atau kestabilan, “Untuk mencegah sisi luar V-belt yang menonjol agar tidak mengenai dinding dalam CVT, maka ada batas maksimalnya,” lanjut pria asal Pekalongan, Jawa Tengah ini. Untuk mengetesnya V-belt dipasang di alat khusus untuk menyerupai CVT kemudian diputar. Semakin angkanya tentu semakin bagus, misal V-belt Aspira run out hanya 0,30 mm.

Pengujian V-belt
Aant/otomotifnet
Pengujian V-belt

Angle
Paling sering disebut dalam modifikasi CVT adalah angle atau sudut. Nah sudut V-belt ini ada standarnya sesuai dengan desain dari produsen motor, biar klop dengan sudut puli. Mengukurnya tentu pakai busur khusus. “Kalau sudut enggak sesuai standar, maka saat dipasang akan timbul suara berisik seperti siulan ketika deselerasi,” papar Candra.

Pengujian V-belt
Aant/otomotifnet
Pengujian V-belt

Elongation
Kemuluran atau elongation menunjukkan kekuatan dari V-belt, akan seberapa mulur ketika menerima beban. “Pengujiannya akan ditarik sekian kilogram force (kgf), lalu dilihat kemulurannya berapa persen,” kata Candra. Tentu saja semakin kecil semakin baik. Elongation yang bagus sekitar 2,5% saja.

Pengujian V-belt
Aant/otomotifnet
Pengujian V-belt

Tensile Break
“Ini merupakan pengujian kemampuan tarik V-belt, karena akan ditarik sampai putus. Nah putusnya di berapa kilogram force. Semakin besar tensile break maka V-belt semakin kuat menahan beban,” papar pria yang doyan main basket ini. Contoh tensile break V-belt Aspira mencapai 682,5 kgf.  

 

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa