Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Hot! Turing Uji Durabilitas Hella Ketemu Yamaha XMAX 250 di Pantura

Antonius Yuliyanto - Kamis, 15 September 2016 | 13:57 WIB
No caption
No credit
No caption

Indramayu - Rabu sore (14/9) saat rombongan turing Uji Durabilitas Hella melintasi Cikampek menuju Cirebon, tiba-tiba bertemu dengan salah satu motor yang sedang hangat diperbincangkan yaitu Yamaha XMAX 250!
 
"Terlihat dari kejauhan skutik bongsor melaju arah berlawanan dengan kami dengan kecepatan sedang. Lampu utama full LED yang sangat menarik perhatian, sempat terpintas dalam pikiran kalau itu Yamaha TMAX," beber Fariz Ibrahim, salah satu kru OTOMOTIF yang menjadi rider dalam pengetesan ini.

No caption
No credit
No caption
Spy Shoot Yamaha XMAX 250 di Pantura

"Namun semakin mendekat ternyata memakai plat nomor putih merah yang biasa dipakai untuk unit uji coba. Semakin penasaran langsung menoleh mengikuti gerak motor tersebut, ternyata punya dimensi bokong yang lebih pendek dari TMAX. Setelah melihat lampu belakangnya yang membentuk huruf "X" barulah sadar kalau itu skutik Yamaha yang sedang diuji tipe yaitu XMAX 250," rincinya.

Untungnya, kehadiran Yamaha XMAX 250 dihadapan kami ini terekam kamera GoPro yang menempel di helm yang dipakai Antonius alias Aant, penampakannya persis dengan spy shoot yang banyak beredar di dunia maya dan sama juga dengan spy shoot yang beredar di Eropa via MCN.

Sebenarnya XMAX 250 ini bukan skutik yang benar-benar baru, sebelumnya sudah dipasarkan di Eropa dan yang kini banyak beredar spy shoot-nya adalah versi pembaruan dari model sebelumnya. Perubahan signifikan memang terlihat pada desain bodinya, muka depan sampai headlamp LED, desain sepatbor depan belakang juga bodi samping yang lebih meruncing dengan behel yang seolah menyatu dengan bodi.

 

Sedang untuk mesin, diperkirakan basisnya masih sama dengan model terdahulu. Mengusung ruang bakar 249 cc satu silinder SOHC berpendingin radiator. Kompresinya 10:1 diklaim punya power hingga 20 dk @ 7,500 rpm dan torsi 21 Nm @ 6,000 rpm.

Setelah terpana dengan XMAX 250, perjalanan turing pun kami lanjutkan menuju ke Indramayu untuk beristirahat sejenak sebelum meluncur ke Cirebon. Ada tiga komponen sepeda motor Hella yang dipasarkan oleh PT Sumber Berkat Anugerah (SBA) selaku distributor resmi Hella di Tanah Air.

Pertama adalah bohlam lampu yang digunakan pada pengetesan ini ada dua tipe, spesifikasi standar dengan sorot lampu lebih terang dan varian berjuluk 'dayview' dengan sorot lampu hingga 4.500 kelvin.

Sedang klakson, Hella Motorcycle Horn Set Sound + yang khusus motor ini bisa dengan mudah dipasang tanpa relay. Pilihannya ada single dan duo tone dengan spesifikasi 109 db, sedikit lebih tinggi dari standar. Terakhir adalah busi Hella yang merupakan satu- satunya part performa.

Kesemuanya akan dirasakan impresinya dalam perjalanan turing Jakarta - Cirebon - Bandung - Bogor - Jakarta dan juga akan melewati beberapa pengujian menggunakan alat ukur yang spesifik. Sedang motor yang digunakan pada pengetesan ini adalah Honda Vario 125, BeAT dan Yamaha Mio Soul. (otomotifnet.com)

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa