Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bahayakah Mobil Amblas Saat Full Penumpang?

Bagja - Kamis, 15 September 2016 | 13:50 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Keluhan beberapa pengguna Toyota Calya dan mungkin juga Daihatsu Sigra (karena keduanya mobil kembar) kalau diisi muatan full bagian belakang mobil jadi 'amblas'. Bahayakah kondisi seperti ini kalau dipaksakan jalan?

"Aman dong. Tidak masalah secara teknis. Kan semuanya sudah kita perhitungkan. Paling tidak enak secara estetika saja," ujar General Repair Service Manager, Workshop Department, Technical Service Division, PT Toyota Astra Motor Iwan Abdurahman.

Toyota sudah mempertimbangkan soal keseimbangan antara tingkat kekerasan suspensi untuk menunjang kenyamanan dengan kapasitas beban maksimal yang bisa ditanggung suspensi. Jadi, tidak boleh terlalu keras, juga haram terlalu lembut.

Suspensi belakang Toyota Calya

Bahkan Iwan secara terbuka menerangkan, pihak Toyota juga sudah melakukan pengetesan dengan mengisi Calya dengan penumpang full. Memang bagian belakang mobil jadi 'amblas'.

"Kita akui kok, pas ngetes sengaja lewat polisi tidur agak kencang, memang jeduk. Tapi kan sudah ada stoper, jadi aman. Jadi secara teknis aman, hanya secara estetika saja tidak enak dilihat," tutup Iwan. (otomotifnet.com)

Editor : Bagja

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa