Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kustomdiningrat Metalworks, Awalnya Dari Modifikasi Sepeda Low Rider

Bagja - Rabu, 21 September 2016 | 08:00 WIB

Solo - Yoes Brusheadtatto yang dimiliki oleh Yosafat Anggoro, sempat memajang beberapa motor custom yang tampilannya keren dan nampak detil. Salah satunya Yamaha Scorpio japstyle hitam dengan cat airbrush gliter mewah.

Berdasar informasi dari Yosafat Anggoro, motor itu hasil karya sobatnya, Slamet Agus Riyadi, punggawa Kustomdiningrat Metalworks. “Saya memang kolaborasi dengan Agus. Saya garap catnya. Kalau setingan rangka dan sebagainya itu garapan Agus,” bilang Yoes sapaannya.

Ketimbang penasaran OTOMOTIFNET mampir ke bengkelnya yang berada di kampung Kusumodilagan Rt01/Rw11 Solo. Eitz, ternyata dia seorang diri, atau tanpa asisten dalam menggawangi Kustomdiningrat Metalworks. 

Di situ tampak beberapa motor yang sedang antri proses custom. Salah satunya Kymco Jetmatic yang diubah ala Honda Zoomer mini. Cukup menarik bro, bila melihat detil tekuk plat buat body dan rangkanya. Padahal proses custom motor itu baru sekitar 60% kelar. 

“Saya memang berawal dari bikin sepeda low rider. Itu tahun 2006 silam. Banyak sudah ragam modifikasi yang saya buat ketika itu. Nah ketika sudah mentok, saya coba beralih ke modifikasi motor sampai sekarang,” ungkap Agus yang berusia 36 tahun.

Katanya lagi ada benang merah yang sama ketika memodifikasi motor dan sepeda. Yakni bahannya sama, dan ketika konsumen puas akan karyanya. Selain itu di motor dirinya makin bebas berkreasi. Artinya enggak ada yang enggak mungkin dibuat, selama ada bahan pipa besi dan plat.

Terkait olah modifikasi motor, Agus menerapkan kedekatan dan sharing dengan konsumen. Ketika sudah ada kecocokan dan gelontoran dana (50%) dari harga yang disepakati, dia baru bekerja. Sistem antrian juga diterapkan. Tujuannya supaya motor konsumen enggak numpuk di bengkelnya.

“Untuk rangka biasanya saya pipa besi tebal 4mm. Kalau diameternya sesuai kebutuhan. Biasanya sih 2,2cm. Kalau tangki, sepatbor biasa pakai plat galvanis tebal 1,2 mm,” tutur Agus yang masih menjomblo itu. 

Lantas soal biaya modif, sangat tergantung dengan tingkat kesulitan ordernya. Misalnya ketika bikin Honda Zoomer berbasic Kymco Jetmatic, biaya olah rangka plus body berkisar Rp 2 juta. Lantas bila bikin japstyle berbasic Yamaha Scorpio atau Honda Tiger, itu mulai Rp 4,5 juta. 

“Silahkan order, mau bikin rangka baru atau hanya bikin subframe, tangki, monggo saja. Proses pengerjaan efektif sekitar 3 bulan,” yakin Agus.

Monggo yang ingin modifikasi motornya, bisa hubungi Agus di nomor hape 085799859409. Silahkan utarakan order yang diinginkan, dan jangan lupa minta garansi ya. (otomotifnet.com)

Editor : Bagja

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa