Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tes Knalpot Over Racing di All New Suzuki Satria F150, Instan Dongkrak 1 dk

Rabu, 28 September 2016 | 13:23 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Mau mendongkrak performa All New Suzuki Satria F150 alias Satria injeksi? Salah satu pilihannya ada knalpot Over Racing asal Jepang, yang diedarkan Kelly Nugroho, yang juga pemilik dealer Suzuki Aria Putra di Ciputat, Tangsel.

Knalpot berbahan stainless steel ini desainnya menarik, bentuknya mirip terompet karena baik leher maupun silencernya membesar secara perlahan (gbr.1). Pengelasannya juga rapi jali. Pengikat leher dan silencer pakai 2 buah per.

No caption
No credit
No caption

Gambar 1

“Di leher sudah ada dudukan O2 sensor seperti aslinya,” terang Kelly sambil berbisik harganya Rp 1,8 juta. Namun apakah penggantian knalpot ini beneran bisa mendongkrak performanya?

Biar tahu efeknya, enggak cuma andalkan feeling, tapi langsung dites pakai dynamometer biar hasilnya valid. Kali ini dites di Farm Tuning yang pakai Mainline Dynolog Chassis Dyno (gbr.2). Bengkel ini terletak di Jl. Pertanian 1 No. 88B Lebak Bulus, Jaksel. Yuk langsung lihat hasilnya.

No caption
No credit
No caption
Gambar 2

Dalam kondisi standar, tenaga maksimal hanya 13 dk di putaran mesin 9.974 rpm dan torsi 9,8 Nm di 8.744 rpm. Kemudian lanjut ganti knalpot dan diukur ulang (gbr.3).

No caption
No credit
No caption
Gambar 3

Nah tanpa ubahan apa pun tenaga melonjak jadi 14 dk di 10.226 rpm dan torsi 10,3 Nm di 9.007 rpm (gbr.4). Ada kenaikan tenaga 1 dk dan torsi 0,5 Nm.

Gambar 4

Yang menarik jika dilihat dari grafiknya, di putaran 4.800 sampai 7.000 rpm lonjakan tenaga dan torsi sangat signifikan. Artinya di putaran menengah tarikan akan lebih berisi. Mmmm... Lumayan ya! • (Aant / otomotifnet.com)

Suzuki Aria Putra: 0821-3453-6666/021-7419243
Farm Tuning: (021) 227-06-787

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa