Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Test Bohlam 4.500 K Hella, Lampu Jauhnya Tetap Ramah

Minggu, 9 Oktober 2016 | 13:10 WIB

Jakarta - Tren lampu dengan sorot putih masih jadi incaran penyuka modifikasi motor. Triknya mudah saja, ganti bohlam head lamp dengan lampu yang memiliki spesifikasi Kelvin (K) lebih tinggi. Seperti Hella Dayview berspesifikasi 4.500 K.

Sebagai pembanding, bohlam standar kisarannya ada pada 3.700 K. Semakin tinggi maka warna lampu akan berubah makin putih bahkan sampai jadi biru. Tapi jangan asal pilih ya, pasalnya makin putih memang terang dan tampak keren tapi kemampuannya menembus kegelapan, kabut atau hujan jadi makin buruk.

“Pemilihan bohlam sesuai selera, jika ingin tampil beda dan sudah bosan melihat yang standar bisa memilih spek bohlam 4.500 K. Yang dikeluarkan Hella ini meskipun berwarna putih tapi masih ada unsur warna kuning sehingga dapat tembus hujan,” ungkap Wulandari selaku marketing dari PT Sumber Berkat Anugerah yang merupakan distributor dari produk Hella di Indonesia.

Produk Hella ini punya tiga pilihan watt yang bisa disesuaikan untuk mayoritas motor di Indonesia yaitu 18/18 W, 25/25 W dan 35/35 W. “Dengan watt yang sama dengan tipe standar namun dapat memberikan output cahaya lebih putih dan fokus menyinari aspal,” lanjutnya.

Biar enggak penasaran, yuk langsung coba. Lampu Hella tipe Dayview ini diukur menggunakan light meter Krisbow, dibandingkan dengan lampu standar bawaan motor. Dalam ruangan gelap, motor diberi jarak 5 meter sampai di tembok, di sana light meter diletakan untuk melihat seberapa besar intesitas cahaya yang dihasilkan.

Bohlam standar dalam posisi lampu dekat, intensitas cahayanya 356 lux sedangkan lampu jauh 332 lux. Kemudian, bohlam Hella 4.500 K pada lampu dekat tercatat 519 lux dan lampu jauh 333 lux.

Pada lampu dekat terbukti sangat terang dan fokus, sedang pada lampu jauh memang tidak terlalu ada perbedaan signifikan selain warnanya yang lebih putih. Kondisi ini justru baik karena saat memposisikan lampu jauh, sorotnya tidak menyilaukan pengendara dari arah sebaliknya. Tetap safety dong! • (Fariz / otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa