Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Toyota Fortuner 2.5 G VNT 4X4 Asli Untuk Off-Road

andy - Senin, 3 Oktober 2016 | 11:38 WIB

Kalau kebanyakan pecinta SUV seperti Fortuner membeli mobil ini yang versi 4x2, namun tidak dengan Arga. “Saya sekalian ambil yang 4x4 aja, tanggunglah. Lagian juga dapat diskon besar dari showroomnya. Hahaha,” gelak Arga Surawidjaja, pemilik SUV ini.

Meski tampilannya sekilas tidak banyak beda dari yang versi 4x2, rupanya pria ini tetap gatal ingin membuat si Fortuner ini jadi lebih kuat aura 4x4-nya. “Sudah beli yang versi 4x4 masa tetap dikira orang yang 4x2, malu ah! Hahaha,” sambung Arga, sapaan akrabnya.

Akhirnya ia pun mengirim mobilnya ke rumah modifikasi WBar Custom milik I Waya Siu Kumara di kawasan Rempoa untuk membuat tampilan Fortunernya jadi lebih gagah. “Enggak perlu terlalu ekstrem, yang penting aura SUV 4x4-nya lebih terlihat,” begitu pesannya kepada Wayan.

Namun setelah jadi, mobil in malah lebih sering terlihat dititipkan di bengkel Wayan. Lho kok? “Iya, saya lagi sibuk nih, belum sempat pakai buat main lagi. Hahaha,” gelak Arga. Walahhhh…


Ganti Ban Kasar Dan Sokbreker

Aslinya ketika datang dari dealer mobil ini menggunakan ban ‘halus’. “Jadi yang pertama diganti justru bannya dulu supaya lebih kelihatan gagah,” bisik Wayan. Jadilah ban Hankook Dynapro MT ukuran 265/70R17 dipasang setelah velg asli di cat ulang sama dengan warna bodi. “Gimana? Jadi lebih sangar kan setelah dicat ulang dan ganti ban?” kata Wayan diikuti senyumnya.

Lalu untuk suspensinya Wayan mengganti sokbreker asli dengan sokbreker Profender yang memiliki 3 setting suspensi. “Kalau mau soft, medium, atau hard tinggal putar aja,” bilang ayah satu anak ini. Agak terlihat lebih tinggi sedikit ya? “Ya, memang agak naik sedikit, tapi enggak banyak,” ujar Arga.


Pakai Bumper Custom

Modifikasi berikutnya adalah mengganti bumper depan dengan komponen custom buatan Wayan. “Bumper depan dibuat custom dari bahan pelat baja 3 mm dengan bracket dari pelat 8 mm. Ukurannya disesuaikan dengan dimensi Fortuner, dan di depannya juga dikasih dudukan winch,” ucap Wayan.
 
Oh ya, di bawah bumper ini juga ditambahkan cover dek bawah dari plat 4 mm. “Supaya aman kalau dibawa off-road atau lewat banjir,” bilang Arga. Lalu tak lupa winch T-Max 9500 juga dipasang supaya makin gagah. Terakhir di bagian belakang dipasang towing custom dari besi seamless 4 mm. Sangar!


DATA DRESS UP:

  • Ban Hankook Dynapro MT 265/70R17
  • Velg dicat sewarna bodi
  • Sokbreker Profender dengan 3 settingan
  • Bumper custom
  • Towing custom
  • Winch T-Max 9500

Editor : andy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa