Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Yamaha Bakal Luncurkan 1 Model Anyar Sebelum IMOS 2016

Arief Aszhari - Senin, 3 Oktober 2016 | 14:27 WIB

Jakarta - PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) sudah memberikan bocoran jika pihaknya akan meluncurkan tiga atau empat model baru di gelaran Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2016.

Namun, dijelaskan Mohammad Masykur, Assistant General Manager PT YIMM, sebelum ajang IMOS pada November mendatang, pihaknya tengah mempersiapkan satu model anyar yang siap diperkenalkan kepada publik.

"Kita bakal luncurkan tiga atau empat model di IMOS 2016, tunggu saja undangannya. Karena sebelum IMOS kita ada satu lagi, tunggu informasinya," jelas M Masykur di Yamaha Flagship Shop, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, (30/9).

Menurut kabar yang beredar, pabrikan berlambang garpu tala ini memang tengah menyiapkan beberapa produk anyarnya, seperti Yamaha XMAX 250 dan Yamaha NVX 150, sebagai pesaing langsung Honda Vario 150.

Lanjut Masykur, untuk Yamaha NVX 150 memang masih dalam proses pendaftaran model baru. Dan dalam proses pendaftaran produk baru membutuhkan waktu enam bulan, sedangkan Yamaha NVX ini sudah masuk proses sekitar tiga atau empat bulan lalu.

"Jadi gini, untuk pendaftaran model baru harus uji tipe pertama kali. Walaupun kita sudah online, namun masih harus menyerahkan hardcopy. Proses ini memakan waktu tiga bulan di Departemen Perhubungan," tutur Masykur.

Setelah uji tipe, model baru masuk proses TPT di Kementerian Perindustrian dan memakan waktu paling cepat dua minggu sampai satu bulan. "Proses ini biasanya yang jadi sumber kebocoran," aku Masykur.

Setelah itu, baru proses ke Depdagri untuk menentukan besaran pajak yang ditentukan oleh tiga kementerian, sebelum lanjut proses ke samsat.

"Untuk Depdagri membutuhkan waktu dua sampai tiga bulan, karena berbeda dengan di Perhubungan dan di Perindustrian yang first in first out, artinya masuk satu berkas langsung diproses, kalau di Depdagri dikumpulkan dulu beberapa berkas baru diproses, ini yang sedang kita usahakan," jelasnya lagi.

Sebagai informasi, selain Yamaha XMAX 250 dan Yamaha NVX, pabrikan asal Jepang ini juga tengah menyiapkan generasi ketiga dari Yamaha R15. "Semuanya lagi disiapin, jadi di IMOS kita belum fix tiga atau empat, karena di IMOS waktunya lebih cepat dibanding GIIAS lalu," pungkas pria ramah ini.

Penasaran dengan model baru Yamaha? Kita tunggu saja Bro! (otomotifnet.com)

Editor : Arief Aszhari

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa