Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Modifikasi Chevrolet 3100 1949, Childhood Dream

Parwata - Minggu, 16 Oktober 2016 | 08:55 WIB

Seperti jodoh akhirnya menemukan mobil impian, pikap tua ini dimodifikasi agar bisa digunakan sehari-hari
    
Jakarta
- Bagi seorang Rachmadinsa Ramadhan, mobil vintage selalu diidamkan. Sering menonton tayangan di TV kabel kesayangan, akhirnya memimpikan untuk memiliki sebuah pikap tua dari Chevy. Tidak disangka, akhirnya ketemu unit incarannya setelah 3 tahun mencari. “Ada yang jual Chevrolet 3100 tahun 1949 di Bandung.

Masalahnya dalam bentuk body only dan mesin V8 terpisah butuh banyak perbaikan, tapi karena keburu naksir jadi langsung ambil,” ujar Dandan, panggilan akrabnya.   Langsung muncul pertanyaan, apakah harus restorasi atau modifikasi? Mempertimbangkan biaya dan waktu, akhirnya opsi kedua yang dipilih. Tujuannya supaya tetap bisa dibawa harian dengan mengkombinasikan tampilan klasik, nyaman dibawa dan tanpa perlu mogok di jalan.

Mulai dari mesin, jeroan aslinya pun ditinggalkan dan dicarikan unit baru. “Bawa ini ke Tunas RFD di Bintaro, mereka kan spesialis Jeep, jadi mau dipasang mesin Cherokee Country,” jelas Dandan. Kapasitas pun dinaikkan jadi 4.500 cc, supaya bisa mengangkat bodi 3100 yang ekstraberat. Namun bagian yang cukup sulit adalah memasang girboks otomatis Country ke tuas di kolom setir, karena tuas aslinya diletakkan di konsol tengah.

Setelah selesai, cukup berbangga karena biaya yang dikeluarkan tidak sebesar bila merestorasi mesin V8 aslinya. Meski mempertahankan aura retro, Dandan tetap mengincar penggunaan harian untuk mobil ini, makanya audio tidak boleh dilupaka. Jadi tantangan tersendiri untuk Andrie Wijaya, owner Bassindo di Kelapa Gading yang dipercaya untuk menjawab tantangan di atas.

“Karena tidak mau merusak tampilan lama, jadi tidak bisa buat dudukam custom di tempat yang terlihat. Akhirnya saya buatkan model kick panel, dengan speaker 3-way Rockford Fosgate bersembunyi di bawah dasbor dan ditambah satu sub aktif di bawah jok,” jelas Andrie. Namun yang paling tidak disangka adalah pemakaian HU. Seakan terlihat pakai unit asli dengan garis radio analog, ternyata HU yang digunakan sudah bisa memutar berbagai media modern, termasuk USB slot dan iPod. Sano/otomotifnet.com

Data Modifikasi:
Eksterior: 1950 Chevrolet 3100 Chrome Side Mirror, Custom Wood Rear Panel Design
Interior: Custom Seat & Upholstery
Kaki-kaki: Steel Wheel R17, Custom Chrome Paint, Custom Red Paint, Chevrolet Pickup Center Cap
Mesin: Jeep Cherokee Country 1997 4.0 I6 Engine Swap, Custom Bore Up to 4.500 cc, Jeep Cherokee Country 4-A/T, Jeep Cherokee Country Power Steering, Samco Hose, Tomei Cold Air Intake, Open Air Filter, Amaron 65Ah Battery
Audio: RetroSound Model Two Radio Head Unit, Rockford Fosgate 3-way, Rockford Fosgate Active Subwoofer 8 Inch, Rockford Fosgate Cables, Extreme Mat
Workshop: Bassindo Mobile Audio Installer (021-8368 9998), Tunas RFD Bintaro

Plus: Interior modern fungsional yang tersamarkan dengan gaya lawas
Minus: Pemakaian jok kurang seorisinal part lainnya

Editor : Parwata

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa