Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Serupa Innova, Fortuner Juga Punya Masalah Transmisi di Filipina

Bagja - Rabu, 12 Oktober 2016 | 12:27 WIB

Jakarta - Problem seputar masalah transmisi pada All New Kijang Innova dan Toyota Fortuner yang dikeluhkan sejumlah pengguna ternyata tak hanya terjadi di Indonesia.

Sejumlah pemilik di Filipina juga mengeluhkan masalah yang sama.

Sebagai informasi, Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) selain memproduksi untuk suplai pasar domestik, juga memberangkatkan Toyota Fortuner ke Filipina.

Dan disana, masalah transmisi pun mirip dengan di Indonesia.

Baca juga: Beberapa Pemilik All New Kijang Innova Mengeluh Soal Transmisi

Paling sering dikeluhkan jika pengguna menurunkan kecepatan dalam kondisi sports mode atau saat mobil menurunkan gigi. Umumnya perpindahan gigi pada kecepatan 35 hingga 80 kilometer perjam, perpindahan gigi kadang halus, kadang sangat kasar.

Beberapa pemilik berspekulasi hal ini diakibatkan oleh komponen elektronik yang salah mengkalkulasi perpindahan gigi pada saat digunakan, juga diakibatkan karena kopling torque converter yang lengket.

Toyota Motor Filipina menyebutkan bahwa sejauh ini masalah tersebut berhubungan dengan masalah peranti lunak saja, sehingga Toyota Filipina pun melakukan pemograman ulang di semua dealer nasionalnya 31 Agustus lalu. Solusinya pun sama, mulai dari remapping ECU hingga penggantian transmisi utuh.

Girboks yang bermaslah tersebut merupakan model terbaru, digarap Aisin berkode AWR6B45, berupa transmisi otomatis 6 percepatan. (otomotifnet.com)

Editor : Bagja

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa