Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mesin dan Spesifikasi Yamaha YZF-R6 2017, Kuat Aroma Yamaha YZF-R1 dan YZR-M1

Jumat, 14 Oktober 2016 | 19:15 WIB
No caption
No credit
No caption

Amerika Serikat - Yamaha resmi meluncurkan YZF-R6 versi 2017 di ajang American International Motorcycle Expo, Orlando (13/10). Generasi kelima YZF-R6 ini mengalami sejumlah ubahan signifikan. Paling jelas di sektor desain yang kini identik dengan YZF-R1.

Selain mencomot desain wajah YZF-R1, YZF-R6 generasi terbaru mengadopsi bentuk air scoop milik Yamaha M1. Penggunaan model air scoop itu diklaim mampu meningkatkan efisiensi gerak aerodinamis hingga 8 %. Selanjutnya, model fairing baru yang mereka sebut "cross-layered design" juga turut andil dalam efisiensi tersebut.

YZF-R6 2017 sudah mengaplikasi jenis lampu full LED. Paling keren lampu yang berada di kedua sisi air scoop. Ketika menyala, wajah YZF-R6 terlihat begitu mengintimidasi. Lampu LED juga disematkan di kedua spion, sekaligus berfungsi sebagai lampu rating.

Soal teknologi, YZF-R6 2017 sudah dilengkapi kontrol traksi 6-tingkat, quickshifter, Drive Mode (D-Mode), Yamaha Chip Controlled Throttle (YCC-T), dan Yamaha Chip Controlled Intake (YCC-I). Sasis juga tergolong baru dengan teknologi cutting edge electronics. Sedang suspensi dan perangkat pengereman serupa YZF-R1, Kayaba 43 mm dan cakram 320 mm yang dijepit kaliper radial 4-piston.

YZF-R6 2017 diklaim lebih mudah dikendalikan karena subframe depan yang lebih sempit 20 mm dibanding versi lama. Model jok bertingkat juga baru dan diberi material yang lebih empuk. Sehingga pengendara lebih nyaman dan leluasa bergerak.

Ubahan lainnya menyasar bagian tangki. Tangki YZF-R6 2017 dirancang lebih ramping agar mudah dikempit lutut pengendara. Materialnya alumunium, dan dibuat oleh tenaga robot dan difinishing oleh tangan manusia.

Ada juga panel instrumen baru yang cukup lengkap. Masih mengandalkan perpaduan analog dan digital. Analog untuk menunjukkan putaran mesin. Sedang layar digitalnya berfungsi sebagai speedometer dan indikator penunjuk beberapa fungsi penting seperti status Traction Control System (TCS) dan Anti-lock Brake System (ABS).

Kabarnya Yamaha YZF-R6 2017 akan mulai dijual di pasar Amerika Serikat pada bulan Maret 2017 dengan harga sekitar Rp 160 juta. Sampai Indonesia bisa lebih dari Rp 300 jutaan nih. (otomotifnet.com)

Fitur utama Yamaha YZF-R6 2017
Next generation R-series design
YZF-R1 inspired face
Best ever YZF-R6 aerodynamics
6-level TCS to suit changing riding conditions
Quickshifter for faster full throttle clutchless upshifts
43mm YZF-R1 type fork with YZF-R6 specific settings
320mm diameter YZF-R1 type front brakes with radial 4-pot calipers
Slimline magnesium rear sub frame
New angled seat
Lightweight aluminium fuel tank
Enhanced riding position
ABS
Euro4 compliant
D-Mode

Spesifikasi Yamaha YZF-R6 2017
Mesin : 599cc, 67mm x 42.5mm, liquid-cooled, 4-valve, DOHC, 4-stroke, 4-cylinder
Forged aluminum pistons, 13.1:1 compression ratio
Titanium intake/exhaust valves
Air Induction System and Yamaha Chip Controlled Intake (YCC-I)
Twin-injector Yamaha Chip Controlled Throttle (YCC-T)
Slipper clutch
Close-ratio 6-speed transmission
Magnesium head and case covers
EXUP valves contributing to excellent torque characteristics
Titanium exhaust silencer
Aluminum frame and swingarm
Warna : Race Blue dan Tech Black
Tersedia : April 2017

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa