Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Renault Kwid Uji Tabrak Lagi Sebelum Masuk Indonesia, Ini Hasilnya!

Bagja - Selasa, 18 Oktober 2016 | 12:35 WIB

Jakarta - SUV termurah Renault calon pesaing LCGC, Renault Kwid siap hadir di Indonesia besok. Ini termasuk telat karena sebenarnya Agustus lalu sudah bisa masuk. Namun, semuanya terkait dengan pengujian yang dianggap belum selesai.

Salah satu yang paling penting adalah pengujian tabrak. Saat pertama kali diuji di India melalui Global NCAP, Renault Kwid yang menggunakan basik Datsun GO, sama sekali tidak mendapat bintang rating keselamatan.

Global NCAP menganggap fitur keselamatan pada Renault Kwid sangat-sangat minim, sehingga tidak bisa mendapat satu bintang pun. Namun, kini Renault sudah melakukan pengujian baru lagi, dengan nemambahkan fitur keselamatan. Hasilnya lumayan, Renault Kwid dapat satu bintang untuk keselamatan orang dewasa dan satu bintang untukkeselamatan anak-anak.

"Renault telah membuat kemajuan yang terbatas, mereka menawarkan mobil yang dilengkapi dengan satu buah airbag. Jika ingin menambah bintang, paling tidak Renault harus menambah fitur keselamatannya, seperti penggunaan dua buah airbag sebagai standar," ucap David Ward, Sekretaris Jenderal Global NCAP.

Kabarnya, Renault Kwid dengan satu airbags pada sisi pengemudi ini yang akan dipasarkan di Indonesia. Mengapa Renault selolah begitu 'pelit' menyematkan fitur keselamatan pada SUV termurahnya ini? Mungkin pertimbangan harga jual jadi alasan utama.

Sebagai permulaan, Renault masih harus mengimpor Kwid dari India, yang secara harga tentu tidak akan bisa bersaing dengan mobil-mobil LCGC yang dapat subsidi dari pemerintah. Karenanya, harus ada sesuatu yang dikorbankan.

Renault juga masih tes pasar untuk memutuskan mobil ini akan diproduksi lokal dan masuk skema LCGC nantinya. Namun, kalau kesan pertama adalah sebuah mobil yang kurang aman, tentu tidak mudah merubah pandangan tersebut meski nantinya Renault Indonesia menambahkan fitur keselamatan.

Jadi, kita berharap saja Renault Kwid yang besok hadir di Tanah Air sudah pas sisi keselamatannya. Pas dalam arti, tidak kurang meski tidak akan lebih. Semoga saja. (otomotifnet.com)

Editor : Bagja

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa