Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

ECU Standalone API Tech Yamaha NMAX, Bisa Dibuka Dari Android

Minggu, 23 Oktober 2016 | 17:22 WIB

Jakarta - Setelah ECU standalone BRT Juken 3 untuk Yamaha NMAX beredar di pasaran, produk asal Thailand juga masuk ke Indonesia. Mereknya API Tech dan dipasarkan oleh Mitra 2000 yang juga pemegang merek TDR dan YSS di Tanah Air.

Sesuai fungsinya, ECU Standalone API Tech Yamaha NMAX ini bisa diatur ulang sesuka hati dan diperuntukan untuk mesin yang butuh lebih banyak suplai bahan bakar dan ubahan pengapian.

“Sebenarnya, untuk bore-up yang tidak terlalu besar enggak perlu ganti ECU masih bisa. Tapi kalau yang sudah lebih expert, ingin lebih sempurna atau modifikasinya makin ekstrem akan membutuhkan ECU standalone. Atau bisa juga buat mereka yang membutuhkan fiturfitur tambahannya,” beber Benny Rachmawan dari Mitra 2000 seraya menunjukan software ECU API Tech ini bisa diakses lewat smartphone berbasis operation system Android.

Yuk coba pasang. Pertama adalah mengganti ECU standar dengan ECU yang memiliki microprosesor 32 bit ini. “Tinggal colok saja,” tutur Benny yang berkantor di TDR Technology Center di kawasan Pulogadung, Jaktim.

Untuk tampilan software-nya, tinggal download di website http://apitechonline.com. “Semua parameternya bisa dilakukan ubahan, untuk semprotan injector bisa diatur derajat timing dan volumenya. Pengapian juga bisa maju mundur sesuai keinginan,” jelasnya.

Sedang fitur lain adalah bisa jadi data logger sekaligus hardware analyzer. Lewat sofware-nya bisa mensimulasikan kinerja komponen injeksi seperti injector, fuel pump, pengapian, kipas radiator sampai lampu.

Setelah mapping terbaik disimpan di memori ECU, jika ingin lakukan fine tuning enggak perlu repot buka laptop lagi. Cukup unduh aplikasi API Tech di Android. “Fine tuning bisa dilakukan dengan cara masuk ke menu ECM Tune, bisa ubah lagi semprotan injector, geser pengapian, ganti limiter putaran mesin dan lainnya seperti dari laptop,” sambung Dwi Sulistyo Hartono, mekanik di TDR Technology Center.

Sedang fitur lainnya, tampilan di smartphone ini bisa jadi data logger sekaligus diagnostic tools melihat kinerja semua komponen injeksi. “Juga bisa jadi hardware analyzer,” beber Benny sambil memperlihatkan menyalakan mesin juga lampu depan dari telepon genggamnya ini.

Uniknya ada fitur security dan alarm juga, motor ogah dinyalakan kalau belum diaktifkan dari ECU seharga Rp 2,8 juta ini. Mau coba? • (Popo / otomotifnet.com)

TDR Tech Center : 021-4600030

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa