Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Fungsi Ganda Protera Sound Protection

andy - Rabu, 19 Oktober 2016 | 13:59 WIB

Bisa dikatakan perawatan kolong mobil tidak sepopuler perawatan bodi yang memiliki beragam teknik. Meski demikian, bagian ini cukup vital dalam mempengaruhi kesehatan sasis dan kaki-kaki, sehingga kolong mobil pun harus mendapatkan perawatan khusus selayaknya merawat bagian bodi mobil lainnya. 

Di antara beragam teknik perawatan kolong mobil, workshop Protera Protection di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, punya program car care Protera Sound Protection yang memberikan dwifungsi perlindungan. Perlindungan pertama adalah antikarat, dan yang kedua adalah sekaligus mengurangi intrusi suara yang timbul dari bagian bawah kendaraan sekitar 20-30 persen dengan sistem pelapisan tiga layer. 

“Jadi Protera Sound Protection menggunakan metode pengaplikasian solvent base yang dipadukan material bitumin, aluminium, dan siliporite. Perpaduan material ini berfungsi untuk membuat bagian kolong mobil mendapatkan perlindungan ekstra. Baik itu mencegah karat, atau mengurangi suara yang timbul akibat gesekan ban dan kerikil dari bawah kendaraan,” terang Hendrik Susilo selaku Marketing Manager Protera Protection. 

Selain memiliki dwifungsi perlindungan, aplikasi Protera Sound Protection juga tergolong mudah karena menggunakan teknik semprot dengan spray gun. Proses pengeringan pun hanya membutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk kering menyeluruh. 

Kendati saat ini material solvent based mulai tergeserkan oleh material water based, tapi untuk Protera Sound Protection tetap mengadopsi solvent based. Karena diklaim lebih tahan lama dengan penetrasi material untuk menutup pori-pori di bagian kolong mobil lebih cepat. Terlebih material solvent based yang digunakan tidak memiliki bau menyengat, sekaligus limbahnya bisa dimanfaatkan untuk anti rayap pada kayu. 

“Protera Sound Protection sebenarnya bisa tahan sampai 8 tahun untuk kondisi normal. Selama waktu tersebut pun bagian kolong bisa dirawat cuci seperti biasa atau dengan steam, karena lapisan Protera Sound Protection tahan terhadap high pressure,” tambah Hendrik. 

Untuk pengaplikasian Protera Sound Protection sendiri tergolong kompetitif, berkisar di harga Rp 2,1 juta hingga Rp 2,8 juta. Adapun workshop Protera Protection memberikan garansi 5 tahun untuk pengguna mobil baru, sedangkan used car hanya diberi garansi 3 tahun. 


Mudahnya Proses Aplikasi Protera Sound Protection

Bicara soal pemasangan Protera Sound Protection tergolong mudah untuk diaplikasikan ke mobil. Hanya saja karena bagian kolong cukup sulit dijangkau, sehingga dibutuhkan bantuan car lift untuk lebih mempermudah proses pengerjaan. 

Sebagian besar area kolong mobil diaplikasikan Protera Sound Protection, kecuali bagian bergerak (suspensi, gardan, dan lain-lain) serta sistem gas buang yang memiliki suhu ektrem sehingga membuat lapisan meleleh. 

Untuk lebih jelas mengenai proses pengaplikasian Protera Sound Protection, kami menggunakan Honda Oddysey sebagai mobil tes. 

  1. Pastikan kondisi kolong mobil lebih mudah dijangkau dengan mengangkat mobil menggunakan car lift. 
  2. Lindungi bagian bodi mobil dengan sarung mobil, agar bagian bodi tidak terkena semprotan cairan Protera Sound Protection. 
  3. Semprot secara menyeluruh bagian kolong mobil, kecuali sistem gardan, suspensi, serta knalpot. Penyemprotan dilakukan sebanyak tiga kali untuk menghasilkan tiga lapisan. 
  4. Apabila di bagian ruang fender terdapat bahan pelindung dari fiber atau plastik, harus ditanggalkan terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar penyemprotan cairan Protera Sound Protection lebih detil untuk menutup bagian ruang fender, yang paling dekat interaksinya dengan bagian roda. 
  5. Tunggu hingga 2 jam untuk seluruh lapisan Protera Sound Protection mengering. Setelah itu mobil bisa langsung digunakan kembali. 


Workshop: 
Protera Protection 
Jl. Panjang No.48 
Kebon Jeruk 
Jakarta Barat 
Telp. (021) 5657373 

Editor : andy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa