Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Sprint Reli Kelas Retro Akan Jadi Mahal

toncil - Rabu, 19 Oktober 2016 | 15:43 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta – Banyak kelas dalam balap atau sprint reli untuk mengakomodir semua pemilik mobil. Tapi kalau terlalu bebas, maka yang terjadi justru akan jadi ‘kuat-kuatan’ duit. Contohnya pada kelas retro

Mobil-mobil yang masuk dalam kelas retro yakni Toyota Corolla DX, Mitsubishi Lancer SL, Datsun dan lainnya. Dalam sprint reli, untuk retro memang dibagi-bagi menjadi berbagai kelas. Paling atas atau full modifikasi yakni RCOpen.

Pada kelas ini modifikasi dibebaskan. Sehingga, akan berlaku ‘siapa yang kuat uang, itu yang akan menang’.

Dibukanya kelas RCOpen ini memiliki dua sisi tajam sekaligus. Pertama akan melihat dan mengukur kreatifitas para tuner, sisi lainnya kelas tersebut akan sangat mahal. 

“Secara mobil memang terlihat murah. Tapi modifikasi tidak bisa dibilang murah juga. Apalagi kalau tampil kompetitif,” sebut Erwin Mancha yang menggunakan Toyota Corolla DX dan ikut dikelas tesebut.

Secara gambaran saja untuk bisa tampil kompetitif. Mesin tak mungkin pakai yang biasa. Paling banyak dipilih yakni mesin Toyota 3S berkapasitas 2.000 cc. Diprediksi harga sekitar Rp 20-25 juta. 

Belum lagi akan sangat disarankan pakai ECU stand alone yang pasti tidak murah. 

Demikian pula dengan kaki-kaki dan sokbreker. Seluruh kaki-kaki dengan sistem pillowball berkisar Rp 35 juta.

Sementara sokbreker berkisar AUS $ 9,000. Dengan nilai kurs Rp 10 ribu, maka untuk sokbreker saja 4 unit sudah Rp 90 juta. 

Tambahan lainnya, seperti gearbox, roll-bar, jok, indikator dan lainnya belum termasuk. Perlu diingat juga, itu semua baru barang saja, belum dengan jasa pasang di bengkel. 

Mesin 3S-GE versi Beams harganya tak bisa dibilang murah

Hasilnya, “Saya bikin dan kompetitif sih sekitar Rp 300 juta,” ucap Wiewie Rianto dari bengkel Firna Protechnik tentang satu unit Toyota Corolla DX yang dibangunnya. 

Untuk kompetisi tahun depan, kelas RCOpen ini akan semakin ramai dan mahal. Sebab, paling tidak sudah ada dua tambahan mobil yang modifikasinya tidak main-main.

Pertama Ford Escort MKII yang nyaris seluruh komponen terpasang punya sertifikat dari FIA. Kedua akan hadirnya Fiat Abart yang juga sudah dimodifikasi dan ganti mesin 2.000 cc.

Meski mahal, kelas RCOpen ini sangat ditunggu dan jadi tontonan menarik. (otomotifnet.com) 

Editor : toncil

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa