Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Sepanjang Januari-September 2016, Honda Jual 2,6 Juta Unit Skutik

Jumat, 21 Oktober 2016 | 11:04 WIB

Jakarta - Segmen skutik masih menjadi tulang punggung penjualan PT. Astra Honda Motor (AHM). Terbukti, sepanjang Januari hingga September 2016, pabrikan berlogo sayap mengepak itu berhasil menjual 2.642.075 unit skutik dan berkontribusi sebanyak 60% dari total penjualan AHM pada periode tersebut. Lebih mencengangkan lagi, skutik AHM ternyata juga mendominasi pangsa pasar skutik secara nasional, dengan raihan market share 77,7 %.

"Model skutik masih menjadi yang paling laris. Khususnya varian BeAT yang menyumbang sekitar 50% dari total penjualan Honda," buka Direktur Pemasaran AHM, Margono Tanuwijaya, saat ditemui di sela-sela peluncuran New Honda BeAT Street eSP di Jakarta kemarin (19/10).

Meski varian skutik Honda masih menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia dan menyumbang penjualan cukup besar bagi AHM, Margono mengakui jika pasar otomotif roda dua secara nasional mengalami perlambatan dibanding tahun lalu. "Pasar sepeda motor nasional untuk periode Januari-September 2016 mengalami penurunan sekitar 8% dibanding tahun lalu. Kalau AHM paling hanya turun 2%," beber Margono.

Untuk menyiasati penurunan angka penjualan tersebut, salah satunya adalah dengan strategi peluncuran model baru. "Dengan adanya APM (Agen Pemegang Merek) meluncurkan produk-produk baru itu akan mengurangi potensi penurunan pasar. Jadi konsumen tertarik membeli," lanjut Margono.

Honda sendiri baru saja meluncurkan model skutik terbarunya berlabel New Honda BeAT Street eSP untuk menyasar segmen anak muda yang lebih aktif. Keluarga baru Honda BeAT ini dipasarkan dengan harga Rp. 15,4 juta OTR (On The Road) Jakarta. Sedang target penjualannya sendiri berkisar di angka 12.000 hingga 13.000 per bulan.

Apakah model skutik bergaya adventure ini bisa menaikkan atau sekadar mempertahankan penjualan Honda di segmen skutik nasional? Kita tunggu selama beberapa bulan ke depan.(otomotifnet.com)

Data Penjualan Sepeda Motor Honda Januari-September 2016

Segmen         Januari-September 2016    Market Share/Segment  
Cub                            302.105                            65,2%              
AT                           2.642.075                            77,7%
Sport                          229.970                            47,3%
Sumber: AHM

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa