Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ini Senjata Rahasia Jotos Menang Dua Kali di Kompetisi Safety Riding Jepang, Tahun Ini Masih Ampuh?

F Yosi - Kamis, 20 Oktober 2016 | 23:44 WIB

Suzuka, Jepang -  Ada yang unik nih di 'The 17th Safety Japan Instructors Competition (SJIC) 2016' yang berlangsung di Sirkuit Suzuka (20-21/10), satu peserta Indonesia punya senjata yang diakuinya ampuh menghilangkan grogi.

"Sudah dua tahun ikut kompetisi ini saya selalu menang mas, 'senjata' saya batik warisan kakek saya ini," ungkap Ady "Jotos" Sucipto. Nah.. batik buatan Jogja ini ternyata membuat Jotos selalu tenang dan sabar dalam mengikuti kejuaraan ini. Tentunya ketenangan sangat dibutuhkan untuk mendukung skill berkendara yang aman sesuai konsep safety riding.

Pria asal Jakarta yang sehari-hari menjadi instruktur safety riding main dealer Honda Wahana untuk area Jakarta-Tangerang ini sudah ikut kompetisi ini di Jepang sebanyak 2 kali dan selalu menang. Pada tahun 2014 di kelas 125 cc dan tahun 2015 kelas 400 cc.

Dan di 2016, hingga berakhirnya kompetisi hari pertama, Jotos ada diperingkat ke 2 pada kelas Bike Bike dengan tunggangan Honda NC750. Saat berita ini diturunkan para peserta masih mengikuti ujian teori. Masih ada satu hari lagi besok untuk rintangan Narrow Plank.

Selain tes teori, skill berkendara yang aman juga diuji. Hari ini peserta harus menunjukan teknik pengereman (braking) dan teknik menikung pada slalom course. Besok dilanjutkan teknik keseimbangan berkendara di atas papan (narrow plank).

Melalui rintangan ini enggak gampang loh dibutuhkan ketenangan dan skill yang mumpuni. Apalagi diawasi juri secara detail, salah sedikit langsung angkat bendera merah yang artinya kena penalti.

Ketiga instruktur asal Indonesia, Ady Sucipto, I Gusti Agung Budi Dharma dan Dimas Satria Kelana Putra mengaku telah melakukan serangkaian latihan sejak Minggu lalu. Selain Ady Sucipto yang tahun ini berlaga di kelas 750 cc, kedua rekannya masing-masing turun di kelas 400 cc menggunakan Honda CB400 dan kelas 125 cc menggunakan Honda Grom.

Sedang total peserta ada 30 instruktur dari 10 negara yaitu Australia, China Taipei, India, Singapore, Thailand, Vietnam, Turki, Indonesia, Jepang dan Malaysia.

Batiknya jangan lupa dibawa yaa! (Otomotifnet.com)

Editor : F Yosi

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa