Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

BMW 435i 2014 Daily Performance Car

andy - Jumat, 21 Oktober 2016 | 10:56 WIB

Bagi Ricky Feril, BMW 435i lansiran 2014 miliknya sudah menjadi teman kesehariannya dalam beraktivitas. Namun demikian, bukan berarti pria yang punya aktivitas sebagai karyawan perbankan di kawasan Pantai Indah Kapuk, Jakarta, ini membiarkan mobil coupe-nya tampil dengan paras biasa saja. 

“Sebenarnya saya suka Seri-4 coupé karena punya performa bagus, dan bisa diajak daily driving. Tapi kalau dibikin standar suka ada yang kurang kelihatannya. Makanya untuk beberapa area saya rombak biar lebih bagus, dengan penggunaan part yang sifatnya plug and play,” terangnya. 

Area eksterior menjadi salah satu bagian sederhana yang mendapatkan perhatian khusus dari Ricky. Pada fascia depan, ia secara detail menggunakan material stiker berkelir Gloss Black untuk melapisi Double Kidney Grille dan bagian atas dari headlight. 

Lain halnya dengan bagian buritan, dimana ia memberikan ubahan estetika lewat penggunaan M Performance Diffuser serta Custom Ducktail Spoiler dengan konsep mengikuti BMW M4. 

Kejutan lebih menarik terlihat kala area engine bay ditampilkan. Ya, kini mesin 2.979 cc 6 silinder TwinPower Turbo semakin bertenaga lewat modifikasi hardware maupun software. Dari segi hardware, mesin itu kini didukung Wagner Tuning Intercooler dan Gruppe M Carbon Intake. Untuk mengurangi efek turbo lag sekaligus meningkatkan respons throttle, dipasang Charge Pipe keluaran Forge Motorsport. 

“Soal software saya memilih reflash ECU stage 2 dibantu workshop Manic Motorsport, yang masih aman kalau saya bawa ke bengkel. Beberapa ubahan mesin bikin tenaga yang dikeluarkan secara overall lebih baik, di atas 400 hp-lah,” tambah Ricky. 

Karena performa mesin kini meningkat tajam, sektor pengendalian jadi bertugas ekstra untuk menjaga mobil ini aman kala dikendarai. Untuk itu, Ricky mulai merombak sistem kaki-kaki. 

Dimulai dengan pemasangan rem M Performance Big Brake Kit, Coilover KW V3+, serta velg Volk Rays TE37 Track Edition ring 20 inci dengan lebar 8,5 inci (depan) dan 9,5 inci (belakang). Velg edisi spesial ini dibalut ban Toyo Proxes T1Sport berukuran 245/35R20 (depan) dan 275/30R20 (belakang). 


Loud as Fun! 

Ada yang menarik kala mobil ini melewati proses pemotretan oleh kami. Secara mengejutkan suara menggelegar yang dihasilkan coupé ini cukup membuat merinding sejenak. 

Usut punya usut, suara menggelegar ini dihasilkan oleh sistem exhaust yang berganti menggunakan Akrapovic Evolution Line (SS), mulai posisi catback (catalytic converter) sampai ke muffler carbon fiber. 

Menariknya adalah untuk bagian downpipe menggunakan part keluaran Armytrix. Hasil dari dua kombinasi tersebut bisa dipastikan mampu mencuri perhatian kala berada di jalanan. 


DATA DRESS UP 

  • Double Kidney Grille Wrapping Sticker 
  • M Performance Diffuser 
  • Custom Ducktail Spoiler
  • Wagner Tuning Intercooler 
  • Gruppe M Carbon Intake
  • Forge Motorsport Charge Pipe
  • Reflash ECU Stage 2
  • Downpipe Armytrix
  • Exhaust System Akrapovic Evolution Line (SS)
  • M Performance Big Brake Kit
  • Coilover KW V3+
  • Velg Volk Rays TE37 Track Edition 20x(8.5+9.5) inci 
  • Ban Toyo Proxes T1Sport 245/35R20 (depan), 275/30R20 (belakang)

Workshop
SM Motorsport, Jl. Panjang No.38, Jakarta Barat 
CK Motorsport, Jl. Panjang Raya No.7, Jakarta Barat. Telp. (021) 5818532 
Manic Motorsport, Jakarta. Telp. (021) 3154015 
Permaisuri Ban, Jl. Mahakam I No.5, Jakarta Selatan. Telp. (021) 7211239

Editor : andy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa