Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

How To Buy Toyota Rush S A/T 2011 Kisaran Harga Rp 165 Juta-170 Juta

Parwata - Selasa, 15 November 2016 | 08:06 WIB

Salah satu kendaraan andalan ketika musim hujan tiba dan banyak ditemui di pasar mobkas

Jakarta - Butuh mobil bekas dengan harga bersahabat, lapang, muat banyak barang bawaan, dan ground clearance tinggi? Salah satu mobkas yang bisa Anda pilih adalah Toyota Rush keluaran tahun 2011. Dengan mengeluarkan budget sekitar Rp 165 jutaan saja, kini Anda sudah bisa menebus unit seken dari Low MPV hasil kerja sama antara Toyota dan Daihatsu ini.

Enaknya, dengan meminang Toyota Rush, Anda berarti mendapatkan salah satu mobkas di pasaran yang dapat memenuhi seluruh kriteria yang telah disebutkan di atas. Jadi bisa dibilang bahwa faktor versatility atau fleksibilitas menjadi faktor penting. Persis seperti yang dikatakan oleh Dadang, seorang pegawai swasta yang menggunakan Toyota Rush hampir lima tahun.

“Menurut saya, Toyota Rush itu serba fungsi karena nyaman buat komuter kerja atau perjalanan jauh sama keluarga berkat kabin interior yang lapang, plus irit bahan bakar,” cetus Dadang. Selain itu, pria berkacamata ini juga memuji volume kompartemen barang yang luas. “Cocok sekali buat barang bawaan banyak, apalagi kalau bangku baris tengah di lipat,” tambahnya. Walaupun begitu, bukan berarti mobil ini tidak ada kekurangannya.

Salah satunya adalah tenaga dari mesin 1.500 cc berteknologi VVT-i yang diusung mobil dengan berat kosong 1.200 kg ini dirasa kurang bertenaga saat harus melewati tanjakan curam. Hal tersebut paling terasa pada varian yang menggunakan transmisi otomatis. Selain itu bantingan sokbreker terasa cukup keras walaupun sudah menggunakan per keong pada keempat rodanya.

Bagi Anda yang berminat meminangnya, ada beberapa hal yang perlu perhatikan pada mobil berusia lima tahun ini. Menurut Mulyadi, Service Supervisor Plaza Toyota Tendean, “Paling penting ada pada sektor kaki-kaki, perhatikan kondisi tie rod, long tie rod, ball joint, dan bushing arm.

Jika ada suara ganjil ketika mobil melewati jalan rusak, kemungkinan salah satu komponen yang tadi saya sebutkan sudah rusak.” Dari penjelasan Mulyadi, ada baiknya jika Anda meminta untuk melakukan test drive terlebih dahulu sebelum mengucapkan kata sepakat dengan penjual. • Bob/otomotifnet.com

Simulasi Biaya KPM

Harga bekasnya untuk Rush tahun 2011, kisaran mulai angka Rp 165 jutaan. Tentu harga tersebut bisa berbeda tergantung dari kondisi dan kelengkapan unit seken mobil yang ditemui di pasaran. Jika jalur pembayaran kredit menjadi pilihan utama,ada baiknya jika Anda melihat kembali kondisi keungan. Hal tersebut penting dalam menentukan tenor dan nominal angsuran yang mampu Anda penuhi per bulannya. Satu lagi, ada baiknya jika nominal angsuran kredit tidak melebihi 30 persen dari pendapatan pokok bulanan Anda. •

KPM 3 tahun

Harga jual                              Rp 165.000.000
Down Payment (DP) 30%         Rp 49.500.000
Angsuran (24 bulan)                   Rp 5.823.000
Biaya Administrasi                     Rp 2.250.000
Asuransi                                   Rp 5.289.600
Total                                        Rp 62.862.600

Sumber: Optima Auto, ITC Permata Hijau Lt. 5 Lot A10-11, Jakarta Selatan

Menakar Biaya Servis

Ada baiknya jika Anda mengetahui jadwal servis berkala dari mobil ini, jika memang sedang berminat meminangnya. Untuk Rush, Toyota menganjurkan untuk melakukan servis rutin setiap kelipatan jarak tempuh 10.000 km. Setiap melakukan servis, akan dilakukan perawatan dasar pada mesin, serta pengantian oli mesin dan filter oli. Untuk penggantian part lain seperti busi, akan dilakukan setiap jarak tempuh 20.000 km.

Setiap jarak tempuh 40.000 km dan kelipatannya, penggantian komponen lebih banyak, mencakupi oli mesin, filter oli, filter udara, busi. Untuk oli transmisi, karena Yaris S Limited hanya tersedia transmisi otomatis, silahkan melakukan penggantian oli pada jarak tempuh 40.000 km. •

Tabel harga komponen

Filter udara Rp 191.000
Filter oli Rp 72.000
Filter AC Rp 225.000
Kampas rem belakang Rp 492.000
Kampas rem depan Rp 870.000
Busi Rp 60.000/4pcs
Sumber: Plaza Toyota Tendean, Jl.
Piere Tendean No.9A, Jaksel

Plus:
1. Ruang kaki lega baik pada baris depan ataupun belakang
2. Kompartemen barang luas
3. Ground clearance tinggi

Minus:
1. Mesin kurang bertenaga
2. Redaman suspensi keras
3. Bunyi mengganggu pada pintu belakang

Data Spesifikasi

Kapasitas mesin: 1.500 cc
Konfigurasi mesin : silinder segaris, VVT-i
Transmisi : Otomatis 4-speed

Editor : Parwata

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa