Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Honda Brio Satya 2013 For Daily Use

andy - Selasa, 25 Oktober 2016 | 15:28 WIB

Beberapa tahun lalu Radivan Adhisatria Mahendra pernah masuk Car & Tuning Guide bersama Astra Daihatsu Ayla miliknya yang sudah dimodifikasi. Remaja yang masih duduk di bangku sekolah di sebuah SMU di Jakarta ini memang menyenangi mobil ceper sehingga konsep modifikasi Ayla miliknya dulu diaplikasikan lagi ke mainan barunya saat ia berganti mobil.

Bedanya, Honda Brio Satya yang kini menjadi teman setia Radivan dibuat tidak seceper Ayla miliknya dulu. “Sekarang jalan ke sekolah enggak semulus dulu, jadi enggak mungkin seceper dulu lagi,” ujar Radivan, sapaan akrabnya. Akhirnya ia mencari akal bagaimana caranya agar tetap bisa ceper namun masih bisa dipakai harian.

Kalau dulu di Ayla ia memakai velg 15 inci kemudian dibuat ceper, maka pada Brio ini Radivan tidak mau lagi menggunakan diameter 15 inci. “Saya pilih pakai velg 17 inci sekarang, jadi kalau ceper tidak separah dulu karena diameter velgnya lebih besar,” tukasnya lagi. Selain itu setting suspensi juga tidak ekstrem seperti Aylanya dulu.

Kali ini Radivan memburu velg orisinal, dan pilihannya jatuh pada lansiran OZ Racing ukuran 17x7,5 inci. Velg multispoke ini dibalut ban Accelera Phi ukuran 195/40R17. “Supaya bannya agak ‘narik’ dan aman kalau diceperin nanti, enggak bergesekan dengan bibir sepatbor,” jelas pemukim di Pondok Kelapa, Jakarta Timur, ini. Smart choice!

Nah, sekarang baru ke bagian favorit Radivan, yaitu menceperkan mobil. Setelah beberapa kali mondar-mandir ke bengkel per, akhirnya didapat ramuan pas dengan menggunakan per Honda Jazz yang di-custom. “Sokbreker tetap standar supaya enggak terlalu keras bantingannya,” ulasnya.

Setelah itu ia beralih ke eksterior. Bumper asli Brio dilepas dan diganti dengan komponen milik Honda Mobilio E. “Dudukannya enggak ada yang diubah karena sama,” ujar Radivan. Lalu di bumper ini juga ia menambahkan cover washer dummy dari bahan plastik yang dicat sewarna bodi. Oh ya, side skirt dan add-on bumper belakang pakai Modulo custom.

Radivan juga mengganti spion asli Brio dengan kepunyaan Honda BR-V yang sudah ada fitur auto retract. “Gantinya juga enggak lama, karena dudukannya juga mirip. Paling yang agak lama urut kabel untuk motor auto retract saja,” tuturnya. Selain itu panel switch di door trim juga diganti dengan yang dilengkapi tombol auto retract.

Simple but useful.


DATA DRESS UP

  • Bumper facelift Honda Mobilio E
  • Cover washer dummy
  • Side skirt dan rear add-on Modulo custom
  • Velg OZ Racing 17x7,5 inci
  • Ban Accelera Phi 195/40R17
  • Per Honda Jazz
  • Spion Honda BR-V
  • Head unit JVC OEM Honda HR-V

Editor : andy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa