Ini Cara Pengujian Ekstrem Wiper Bosch

Kamis, 27 Oktober 2016 | 13:00 WIB

Changsha - Bagaimana cara wiper diuji sebelum dipasarkan dan digunakan mengusir air saat hujan? Ternyata lumayan ekstrem lho.

Itu yang dilakukan Bosch saat menguji wiper andalannya berjenis flat-blade. Pengujian ini dilakukan di pabrik wiper Bosch di Changsha, Hunan, Tiongkok yang didatangi langsung OTOMOTIFNET.

Setidaknya ada lima tahap, mulai dari Performance Test, Endurance Test, High Temperature, Enviromental Test, dan General Test.

"Di pabrik kami di Changsa, kami melakukan research and development untuk wiper. Memastikan produk kami memiliki kualitas yang terjaga," ucap David Engineering RnD Division Bosch.


Performance Test

Wiper diuji sapuannya sebanyak 10 kali siklus (pergerakan naik turun wiper) pada suhu 18 sampai 28 derajat, untuk kemudian dilihat seberapa bersih hasilnya dan tidak meninggalkan jejak atau pattern apapun pada permukaan kaca.


Endurance Test

Di sini bagaimana kemampuan wiper Bosh saat menyapu air dari permukaan kaca diuji dengan cara melakukan sapuan sampai 500.000 kali siklus ( naik turun pergerakan wiper) dan dibiarkan bekerja nonstop selama 4 minggu.

Setelah itu, wiper dibiarkan menyapu air selama 5 menit 30 detik dan pada permukaan kaca yang kering sekitar 30 detik. Serta 15 sampai 60 detik saat posisi parkir (diam).


High Temperature Test

Editor : Bagja
loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA