Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pilihan Dan Arah Modifikasi Vanddicted, Fungsinya Tetap Mobil Keluarga

Parwata - Kamis, 3 November 2016 | 09:06 WIB

Di Tanah Air, Vanddicted itu bisa beragam. Dari mulai Carry sampai Vellfire

Jakarta - Vanddicted di Tanah Air yang bergabung pada wadah VanKulture Indonesia, punya semboyan yang sangat tegas, yakni family come first. Dari situ sudah jelas, ke arah mana tujuan modifikasi yang dilakukan pada kendaraan mereka. Pertama, coba tengok dulu kendaraan yang bisa masuk ke dalam aliran modifikasi yang satu ini.

“Dasarnya kendaraan keluarga yang sesuai dengan APM di negara tersebut. Ambil contoh di Amerika banyaknya pakai bahan Toyota Sienna, Kanada itu identik dengan Nissan Elgrand dan kalau di Jepang itu pakainya Honda Odysey,” jelas Josint yang bersama Indra Yogashara mendirikan VK Indonesia.

Nah kalau di Tanah Air, kendaraan yang masuk ke Vanddicted itu dari golongan apa saja? Ternyata eh ternyata, bisa banyak pilihannya. Dari yang low end seperti Toyota Kijang lawas atau Suzuki Carry, sampai yang premium (Alphard atau Vellfire). Tapi semuanya itu harus approval dari VK pusat, dalam hal ini di California, Amrik. Josint menjelaskan approval-nya itu berkutat soal keharusan memenuhi standar modifikasi yang enggak merusak fungsi sebagai kendaraan keluarga.

“Budaya mobil dan berkendara di Tanah Air dihargai oleh mereka yang di VK pusat,” tuturnya. Nah sekarang baru ke urusan modifikasinya. Mulai dari bodi, ternyata ada beberapa rujukan yang bisa dijadikan acuan. Bilamana mengacu pada pemakaian pelek bertapak lebar, maka mau tidak mau modifikasi yang dilakukan adalah dengan wide body. US Domestic Market dan Japan Domestic Market (JDM), juga banyak dilirik oleh penggemar Vanddicted.

Salah satu contoh yang menerapkan JDM adalah Honda Stream (RN3) keluaran 2004 milik Geri Kanigara. Bahkan saking banyaknya part RN5 Absolute yang dipasang, membuat pria Bandung ini jadi supplier part orisinal tersebut. Pemasangan pelek orisinal dan proper, jadi acuan modifikasi bagian kaki-kaki. Proper di sini diartikan sebagai modifikasi yang enggak berlebihan, mau pakai suspensi static atau air suspension bebas, yang penting harus tetap bisa dipakai harian, bukan contest only.

“Sekarang lagi musim meaty atau kalau diartikan itu ‘berdaging’. Aplikasi pada kendaraannya itu adalah ban berdinding tebal, pelek enggak lebar dan ceper,” ungkap Josint. Modifikasi lainnya dibagian interior maupun audio system, mengacu pada semangat family come first. • oct/otomotifnet.com

Editor : Parwata

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa