Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Modifikasi Benelli Zaferano 250, 2014, Unleaning Reverse Trike

Sabtu, 12 November 2016 | 08:41 WIB
No caption
No credit
No caption

Solo - Ini adalah reverse trike atau motor roda tiga dengan dua roda di depan karya Rwin Development Solo untuk yang kesekian kali. Bedanya, dua roda depan modifikasi Benelli Zaferano 250 ini didesain fix, unleaning! Loh kenapa malah jadi kaku mirip becak?

Padahal rumah modifikasi yang digawangin Rubiyanto ini terkenal dengan konstruksi leaning reverse trike, roda depan bisa menyesuaikan kemiringan motor saat menikung juga kondisi jalan. Persis Piaggio MP3 atau Gilera Runner.

“Yang ini saya sebutnya unleaning reverse trike. Ketika melakukan cornering, roda depan enggak ikut miring, tetap tegak,” jelasnya seraya menyebutkan jika ubahan ini sesuai dengan permintaan dari Tjoa Kuo Wei sang pemilik motor yang mengalami kelumpuhan sendi di salah satu kaki. 

Atas pertimbangan kemudahan naik dan turun juga mendapatkan balance saat berkendara maka konstruksi roda depan dibuat unleaning. Agar lebih balance jarak dua roda di depan juga dibuat lebar, mencapai 105 cm. Ini lebih lebar dari skutik trike buatan Rubiyanto sebelumnya.

Di depan dipasang tubular sub frame berbahan chromoly denum 2,8 mm yang diikat kuat ke rangka motor. Dari sub frame ini, konstruksi upper dan lower wishbone, serta komponen steering rod dipasang.

Oh ya, ada juga sway bar berbahan spring steel berdiameter 16 mm yang terhubung dengan lower wishbone, dipasang untuk mengurangi limbung. Tampak pula dua unit sokbreker tabung yang terpasang dengan kemiringan 35º dengan posisi saling berlawanan.

Namun bila diamati, bagian atas sokbreker terkunci langsung ke braket subframe. Otomatis mengunci gerak roda depan, enggak ikut miring ketika motor melakukan cornering. Inilah pembeda dengan sistem leaning. Imbasnya, ketika manuver cornering dengan kencang roda depan mudah terangkat.

Tapi saat parkir, Benelli ini berdiri gagah tanpa perlu bertumpu pada standar. “Ini memudahkan dia untuk naik ke motornya,” tutup Rubiyanto. Sip, disesuaikan dengan kebutuhan! • (Gombak / otomotifnet.com)

Plus: Disesuaikan dengan kondisi tubuh sang pemilik motor
Minus: Jangan menikung terlalu kencang ya! 

Data Modifikasi:
Pelek : Mitsubihi Mirage R14 lebar 5 inci
Ban : Corsa 120/70R14
Wheelhub : Custom
Sokbreker : Variasi
Steering Knuckle : Minicab
Sub frame depan : Custom
R Win Development : 085740099945

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa