Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tes ECU BRT Juken 3+ di Yamaha NMAX Bisa Atur Kapan VVA Bekerja

Iday - Selasa, 15 November 2016 | 08:10 WIB
ECU BRT Juken 3+
Aant/otomotifnet
ECU BRT Juken 3+

Powernya naik jadi 11,92 dk, padahal standarnya cuma 10,57 dk

BRT atau Bintang Racing Team bisa dibilang sebagai produsen CDI dan ECU lokal yang paling produktif. Motor apa saja pasti dibikin, termasuk yang akan booming tentu untuk Yamaha NMAX, mengingat karakter pemakainya yang doyan ngoprek.

“Untuk Yamaha NMAX ada BRT Juken 3+ ini,” buka Tomy Huang, pemilik BRT. Menurut Tomy, ada beberapa fitur unggulan ECU untuk skutik 155 cc itu, pertama ada setingan VVA (variable valve actuator).

“Bisa disetel mau kerja di berapa, kalau standarnya kan di 6.000 rpm,” terangnya. Tomy melanjutkan, jadi misal kem sudah dimodif, maka tenaga maksimal yang bisa diraih pakai kem pertama (lobe yang rendah) bisa berubah juga, misal peak jadi di 8.000 rpm, “Maka tinggal digeser saja ke rpm segitu, agar tenaganya jadi nyambung,” paparnya.  

Fitur kedua menurut pria berkaca mata ini ada deseleration time, “Untuk mengatur deselerasi mau seberapa kuat engine brake-nya,” terangnya. Hal ini sudah dientengin rollernya, yang bikin rpm lama turun saat tutup gas.

Ada pula fitur yang dinamakan turbo, ini untuk mengatur jika pakai dobel injektor. Oiya untuk mengatur semua itu bisa dilakukan pakai remote yang dijual terpisah seharga Rp 350 ribu.

“Kalau ECU-nya hanya Rp 900 ribu,” ujar Tomy. Dengan beragam fitur yang ditawarkan, ECU BRT Juken 3+ ini tentu sangat cocok untuk mesin yang sudah dimodifikasi. Meski begitu, buat yang standar pabrik pun tetap bisa memberikan kenaikan performa.

Enggak percaya? Nih simak hasil tes ECU BRT Juken 3+ yang dilakukan pada Yamaha NMAX dalam kondisi standar. Cukup plug and play ternyata kenaikan tenaganya cukup signifikan. Diukur pakai dynamometer Dynojet 250i. Pada kondisi standar, tenaga hanya 10,57 dk di 6.700 rpm. Setelah ECU diganti, didyno ulang jadi 11,92 dk di 8.100 rpm. Lumayan banget tuh!

ECU Untuk Skutik eSP

Honda BRT sebentar lagi akan mengeluarkan ECU untuk skutik Honda yang pakai mesin eSP. Lama prosesnya karena ada sistem ACG starter. Dan agar harga tetap terjangkau, sistem ACG tetap diserahkan pada ECU bawaan motor, makanya walaupun stand alone, aslinya tetap terpasang.

Akan tersedia mulai akhir November atau awal Desember 2016, “Harganya kisaran Rp 850 ribu,” ungkap Tomy Huang. Tentu untuk semua skutik Honda yang pakai mesin eSP, dari BeAT sampai Vario 150. • (Aant /OTOMOTIF)

 

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa