Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Panduan Servis Kawasaki Z1000, Siapkan 4 Botol Tiap 7.600 Km

Jumat, 4 November 2016 | 11:10 WIB

Jakarta - Moge segarang Kawasaki Z1000, pasti penasaran kan treatment servis berkalanya seperti apa? Yuk, langsung kita bawa motor bermesin 4 silinder segaris berkapasitas ruang bakar 1.043 cc ini ke bengkel resmi. Harus diapain aja saat servis? Panduan Servis Kawasaki Z1000!

Sesuai buku manualnya, motor ini diharuskan melakukan servis berkala tiap kelipatan 3.800 km. Tapi tidak perlu melakukan penggantian oli tiap kali servis, cukup pada kelipatan 7.600 km saja.

Dibutuhkan 3,2 liter oli untuk melakukan penggantian rutin, jika dibarengi dengan penggantian filter oli maka bertambah menjadi 3,8 liter. Oleh karena itu dibutuhkan 4 botol oli tiap kelipatan 7.600 km.

“Penggantian oli direkomendasi visikositas 10W-40 dan Kawasaki sudah punya oli dengan spesifikasi ini dengan nama Ultimate, botol terbarunya keren bisa jadi pajangan, sekilas kaya minuman hehe..” ucap Eddy Yulianto, kepala mekanik di Kawasaki Super Sukses Motor di bilangan Fatmawati, Jaksel.

Selanjutnya filter oli pada moge ini menurut buku manualnya ternyata harus diganti berbarengan dengan oli, berarti tiap 7.600 km juga nih.

“Filter oli boleh diganti berbarengan dengan ganti oli ketiga agar lebih irit biaya. Namun kalau memang mau mengikuti buku manualnya tentunya lebih bagus. Karena kotoran pada mesin pasti ada meskipun hanya dipakai sebentar saja,” lanjut Edoy, sapaan akrabnya.

Filter udara harus diganti pada 18 bulan atau kelipatan 11.400 km tergantung mana yang lebih dulu dicapai, tapi penggantian ini bisa lebih cepat loh. “Kalau sering melewati jalan yang berdebu pasti akan lebih cepat kotor,” jelas Agung salah satu mekanik di sana.

Businya bisa dipakai sampai 12 bulan atau kelipatan 7.600 km, lalu berikutnya ada pengecekan dengan menyetel langsam mesin atau idle.

“Langsam diatur pada 1.300 rpm toleransi 100 rpm, kalau terlalu rendah mesin akan mudah mati ketika tidak digas. Jika terlalu tinggi justru akan menimbulkan bunyi berisik ketika masuk gigi. Selesai melakukan rangkaian servis dan pengecekan, motor akan diperiksa seluruh sintem kerja injeksi dan sensornya menggunakan Kawasaki Diagnostic Tools (KDS),” tutup Agung.• (Fariz / otomotifnet.com)

Daftar Harga:
Jasa servis ringan: Rp 350.000
KGO Ultimate: Rp 92.000 per botol
Filter udara: Rp 288.000
Filter oli: Rp 90.000
Busi: @ Rp 221.000
Kampas rem depan: @ Rp 479.000
Kampas rem belakang: Rp 427.000

Daftar Pemeriksaan:
Periksa sistem kontrol throttle
Periksa sinkronisasi vacum pada mesin
Seting ulang putaran stasioner
Periksa sistem bahan bakar
Periksa sistem pendingin
Periksa emisi gas buang
Periksa DFI (Digital Fuel Injection)
Periksa kekenduran & pelumasan rantai penggerak roda
Periksa keausan rantai penggerak
Periksa tekanan udara ban
Periksa keausan ban
Periksa kerusakan bearing roda
Periksa fungsi kerja rem
Periksa semua switch lampu dan arah sorot lampu utama
Periksa batas ketinggian minyak rem
Periksa gerakan dan kebocoran oli fork depan dan sok belakang
Periksa gerakan kemudi
Periksa mur baut dan pengencang

Kawasaki Super Sukses Motor 021-75912452

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa