Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

E-Supercar, Mobil Berjantung Listrik Mampu Melesat Kencang

Parwata - Selasa, 1 November 2016 | 09:01 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Perkembangan teknologi otomotif dunia berkomitmen terhadap teknologi ramah lingkungan yang salah satunya  memanfaatkan tenaga listrik. Hal itu telah didengungkan banyak pabrikan dunia. Bahkan sebagai wujud nyatanya beberapa pabrikan sudah memperkenalkan mobil super bertenaga listrik.

"Pentas motorsport memang menjadi salah satu faktor pemicu perkembangan teknologi mesin listrik bertenaga besar dan juga menjadi eksperimen durabilitasnya. Mobil listrik akan melahirkan supercar ke depannya," ujar Mark Gemmel selaku CEO Electric GT Championship kejuaraan balap turing mobil listrik.

Pentas balap single seater bermesin listrik, Formula E, ikut menyumbangkan riset dan temuan yang mendukung mobil listrik menjadi mobil beperforma tinggi atau supercar. Malah beberapa tahun ke depan bakal bertebaran supercar berdapur pacu listrik menggusur dapur pacu konvensional yang mengkonsumsi bahan bakar fosil. Berikut ini beberapa mobil listrik berpeforma tinggi berdasarkan klaim pabrikan yang mampu berakselerasi dari saat diam mencapai 100 km/jam dalam rentang di bawah 4 detik. Inilah 8 supercar bertenaga listrik. JLM/otomotifnet.com

No caption
No credit
No caption
Tesla S P100D

Tesla S P100D

0-100 km/jam - 2,6 detik

Pabrikan mobil listrik asal negeri Paman Sam memang tidak telak-telak menampilkan wujud sebagaimana mobil supercar sedianya. Tipe Tesla S dengan kode P100D sudah dapat disebut sebagai supercar karena akselerasi dari 0-100 km/jam tercapai dalam rentang 2,6 detik. Tak sampai di situ, Tesla S ini pun menjadi basis mobil balap di kancah kejuaraan Electric GT musim depan.

No caption
No credit
No caption
Renault Z.E. 16

Renault Z.E. 16

0-100 km/jam - 3,7 detik

Mobil yang dipakai di ajang Formula E ini memang hanya dipakai untuk balap alias 'for competition use only'. Yup semburan mesin listriknya bisa menembus 100 km/jam dalam hitungan di bawah 4 detik saja.

No caption
No credit
No caption
Audi R8 E-TRON

Audi R8 E-TRON

0-100 km/jam - 3,9 detik

Mobil berlogo 4 Cincin memang menjadi pabrikan yang getol meriset mesin listrik hingga akhirnya mendesain produk performa tingginya, yaitu R8 yang dijejali dapur pacu listrik. Audi R8 e-tron dari saat diam (0 km/jam) hingga menembus 100 km/jam mampu ditempuh dalam 3,9 detik.

No caption
No credit
No caption
Detroit Electric SP:01

Detroit Electric SP:01

0-100 km/jam - 3,9 detik

Pabrikan mobil listrik Amerika Serikat merancang khusus mobil supercar yang berkode SP:01. Secara kasat mata tampilan luar SP:01 mirip dengan supercar bikinan Lotus. Wajar karena pentolan Detroit Electrik memang pernah menjadi bagian Lotus. Performa SP:01 dengan bodi yang kompak bisa melesat dari 0-100 km/jam dalam kisaran 3,9 detik.

No caption
No credit
No caption
Renovo Coupe

Renovo Coupe

0-100 km/jam - 3,4 detik

Melihat tampilan Renovo Coupe mungkin mengingatkan supercar klasik bermesin bahan bakar fosil. Tapi jangan salah, jeroan dari Renovo dijejali mesin listrik performa tinggi serta perangkat pendukung yang memang spesialis di tunggangan high performance seperti Brembo dan Dallara. Bahkan dengan desain klasiknya, Renovo Coupe jadi mobil supercar listrik terkencang etelah Tesla S P100D.

No caption
No credit
No caption
Mercedes_benz SLS AMG E-CELL ROADSTER

Mercedes_benz SLS AMG E-CELL ROADSTER

0-100 km/jam - 3,6 detik

Dikenal juga dengan Mercedes-Benz Gullwing karena ciri khas membuka pintu yang terbuka ke atas. Namun jeroannya tidak mengadopsi mesin bakar, melainkan mesin listrik yang menjadi bench mark pabrikan berlogo Three Pointed Star di masa depan. Sampai-sampai dijuluki Hight Voltage Gullwing karena cukup memakan 3,6 detik untuk berakselerasi dari 0-100 km/jam.

No caption
No credit
No caption
Porsche Mission E Concept

Porsche Mission E Concept

0-100 km/jam - 3,5 detik

Porsche melansir konsep supercar bermesin listrik yang direncanakan sudah bisa diproduksi di musim depan. Porsche sendiri sudah meriset dapur pacu hybrid (mesin bakar dan listrik) beberapa waktu belakangan. Kebijakan perusahaan yang bakal serius meriset dapur pacu listrik membuat Porsche melansir Mission E Concept bermesin listrik sejati dan ditengarai hanya memerlukan 3,5 detik untuk melesat dari 0-100 km/jam.

Renault Trezor

Renault Trezor

0-100 km/jam di bawah 4 detik

Konsep mobil sportscar dua penumpang berdapur pacu listrik kreasi Renault asal Prancis dilabeli Trezor. Desain futuristis dan mesin yang bertenaga serta tahan lebih lama berakselerasi 0-100 km/jam dalam 4 detik.

Editor : Parwata

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa