Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Turunan Keluarga Honda Jazz RS 2014

andy - Jumat, 4 November 2016 | 17:47 WIB

Rasanya benar jika terdapat anggapan bahwa “buah jatuh tak jauh dari pohonnya”. Salah satu contohnya adalah Pedra. Pemilik Honda Jazz RS 2014 ini mengakui bahwa keinginan melakukan dress-up tunggangannya diturunkan langsung dari ayahnya yang juga sering meningkatkan penampilan kendaraannya.

“Bisa dibilang saya jadi demen dress-up mobil karena turunan ayah saya yang kebetulan suka ganti-ganti part mobilnya. Bedanya kalau ayah saya gak begitu suka dress-up a la anak muda yang ganti knalpot dan ganti per. Ayah rada kurang deh kalau untuk sampai ke arah situ. Hehehe,” curhat Pedra.

Benar saja, dress-up tunggangan Pedra lebih banyak bersifat teknis ketimbang kosmetik, meski tidak mengurangi kesan sporty pada “teman” beraktivitas sehari-hari. Diakuinya, dress-up Honda Jazz GK5 miliknya ini mengambil konsep racing look style karena ingin terlihat powerful tanpa harus mengurangi estetika mobil ini.

Pedra berkeinginan untuk melakukan dress-up tunggangan secara minimalis tanpa terlihat berlebihan. Itu sebabnya tampilan eksterior hanya mendapatkan aksesoris front lips menggunakan produk aftermarket keluaran Mugen. Hal ini dirasa cukup mengingat tipe RS sudah dibekali body kit yang berhasil memancarkan aura sporty.

Pria yang tergabung dalam komunitas Run GK5 ini juga melakukan custom exhaust dari frontpie hingga downpipe dengan bantuan workshop BMK Knalpot di bilangan Bintaro, Tangerang Selatan. Menurutnya, terdapat sensasi tersendiri saat custom ini berhasil membuat performa mobilnya menjadii lebih impresif.

“Kelebihan custom ialah kita bisa memilih suara dan setting exhaust seperti apa dan sesuai keinginan kita. Selain itu pada saat saya pertama kali custom exhaust belum ada produk aftermarket yang recommended untuk Jazz GK5. Dan ke depannya saya mau lanjut lagi ke engine, gak sekedar ubah exhaust aja,” jelasnya.

Saat kami mengintip ke interior, terdapat alunan suara yang terdengar merdu dan berkarakter. Ternyata suara tersebut datang dari sistem audio yang telah di-upgrade. Penambahan peranti audio dimulai dari sepasang tweeter AX-TW201 dari AVIX, subwoofer Mohawk 10 inci, serta power amplifier Vantage XD-300.4 dengan kemampuan output 4-channel.

Nah, buat Anda yang punya Honda Jazz GK5 dan berencana memulai dress-up, Pedra punya sedikit tips menarik. “Sebenarnya modifikasi saya gak ‘wow’ banget karena mengejar aliran modifikasi yang saya inginkan. Karena itu buat teman-teman yang mau dress-up Jazz kalau bisa fokus terlebih dahulu aliran yang ingin dilakukan. Jangan sampai banyak part modifikasi tapi malah jadinya bikin kurang menarik,” tutup Pedra.

 
Selektif Urusan Kaki-Kaki

Untuk urusan kaki-kaki, Pedra bisa dibilang sangat selektif dalam menentukan part yang dipilih. Hal pertama yang diubah ialah per spring keluaran Amarta, kemudian velg menggunakan Enkei NT03 Spider ring 16x7 inci, serta ban GT Radial Champiro SX2 berkonsep semi slick dan berprofil 205/50 R16.

“Untuk penggunaan ban semi slick ini punya kelebihan, khususnya di sektor handling. Grip dan pengendalian kala di jalan jadi lebih mumpuni, dan terlihat pas sama velg Enkei yang saya pakai saat ini,” ujar Pedra.


DATA DRESS UP

  • Exterior lips Mugen
  • Velg Enkei NT03 Spider 16x7 ET 35
  • Ban GT Radial Champiro SX2 205/50 R16
  • Frontpipe & downpipe custom
  • Spring Custom
  • Tweeter AVIX AX-TW201
  • Subwoofer Mohawk 10 inci
  • Power amplifier Vantage XD-300.4 4-channel

Workshop
Amarta Per, Jl.Raya Ciater No.13, Tangerang Selatan. Telp 081210403911
BMK Knalpot Bintaro, JL Tegal Rotan, No. 16, Tangerang Selatan. Telp (021) 93110144
Autodistro, Jl Asem II No.2A, Cipete, Jakarta Selatan. Telp. (021) 68566531
Roda Mas Audio, Bintaro Trade Centre, Tangerang Selatan. Telp. (021) 7453367
Charis Auto Accesories, MGK Mega Kemayoran Lt. 5 C8 No8, Jakarta Pusat. Telp. 085921215669

Editor : andy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa