Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Honda Civic Ferio 1997 230 DK, Untuk Harian

Parwata - Kamis, 10 November 2016 | 08:47 WIB

Awalnya cuma modifikasi ringan, terus berlanjut sampai seperti sekarang

Jakarta - Awalnya, tema modifikasi Honda Civic Ferio berwarna abu-abu ini masih sesuka hati. “Sekarang lagi senang tema JDM ya ubah JDM. Minggu depan bisa ganti lagi, hahaha,” gelak Muhammad Rizki, sang pemilik.Pelan-pelan ia mendapat masukan dari teman-temannya.

“Semua gue tamping, sampai akhirnya jadi versi gue sendiri,” bilang Rizki. Tahapan awal modifikasinya dimulai dari engine swap Frankenstein B16 untuk kepala silinder dan B20 untuk bloknya. “Sekarang kapasitas mesin jadi 2.000 cc,” tukas pria ramah ini.Jeroan yang diganti adalah camshaft kepunyaan B16B Civic Type R, 3 angle valves dan porting polish.

Sementara untuk mengatur kinerja mesin, ECU diganti ECU P28 yang sudah di-remap.“Lagi mau pasang Dastek nih,” tutur pria kelahiran 31 tahun lalu ini. Dengan begini saja Rizki mengklaim power mesin sudah mencapai 230 dk! Beres dengan mesin barulah urusan bodi.

Cat warna dark grey metallic dari Spies Hecker segera dilabur ke sekujur bodi. Sebelumnya, atap dipasang sunroof copotan eks Honda Civic Ferio EK4. Oh iya, ia juga melakukan facelift ke tahun 2000 dengan mengganti head lamp, stop lamp, kap mesin, sepatbor kiri kanan, bagasi dan bumper depan belakang.

Terakhir, demi menguatkan aura JDM di interior, ia mengganti dasbor dengan OEM Civic ViRS, spidometer juga ganti dengan kepunyaan Civic Type R. Hanya saja, jok dan door trim pakai punya Civic Orthia versi Eropa biar makin beda. “Cuma menyesuaikan braket saja,” tutupnya.• Kyn/otomotifnet.com

Data Modifikasi

Mesin
Swap kepala silinder B16 dan blok milik B20, girboks Y21, 3 angle valves job, per klep Dual spring B18C Type R, camshaft B16B Type R, intake B18C Type R, throttle body Skunk2 Alpha 68 mm, fuel rail original AEM, fuel pressure original AEM, injector RC 270, cam gear original AEM, busi NGK, koil Malory, ECU P28 remap ReservedBefore, kopling set ACT stage 1, header ORD, muffler Fujitsubo RM01a

Interior
Jok dan door trim Civic Orthia, dasbor Civic ViRS, spidometer Civic type R, setir Mugen

Eksterior
Repaint dark grey, facelift to Civic Ferio 2000, kap karbon, wing spoiler Civic ViRS

Pelek & kaki-kaki
Pelek Enkei NT03 White 15x7 inci, ban GT Radial Champiro SX2 195/55R15, ISC Coilover, Brembo disc brake, ASR subframe, Hardrace lower arm


Plus: Modifikasi total untuk mobil harian
Minus: Jok belakang kurang rapi pemasangannya

Editor : Parwata

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa