Pasang Handgrip Heater Kawasaki Versys 1000, Tetap Nyaman Saat Malam Atau Hujan

Jumat, 25 November 2016 | 07:06 WIB

Jakarta - Naik Kawasaki Versys baik yang 650 maupun 1.000 cc untuk perjalanan jauh memang mantap, karena genrenya memang tunggangan untuk menjelajah. Suspensinya panjang punya redaman yang nyaman, joknya juga empuk plus punya windshield tinggi.

Namun ada satu kekurangan ketika jalan di malam hari atau hujan, “Standarnya belum dilengkapi handgrip heater, tangan jadi mudah gemetar saat kedinginan,” buka Tomy Bramudia, penunggang Versys 1000 yang doyan banget turing.

Makanya pasang handgrip heater (gbr.1) jadi kewajiban pengguna Versys yang suka turing. “Pasang saja heater dari Kawasaki,” saran Tomy yang juga pemilik bengkel Ngayun Speed di Jl. Arteri Kelapa Dua, Kebon Jeruk, Jakarta Barat ini.

Gambar 1

Menurut Tomy heater aksesori resmi Kawasaki ini harganya sekitar Rp 2,5 juta. Terdiri dari dua buah handgrip dengan pemanas, sebuah saklar dan kabel-kabelnya.

Pemasangannya termasuk mudah, “Pertama lepas handgrip standar dengan ditiup pakai angin kompresor. Lalu pasang kedua handgrip yang baru,” terang Wahyu Saputra, mekanik Ngayun Speed. Handgrip baru yang dilengkapi pemanas ini ukurannya sedikit lebih besar dan di ujung ada kabelnya (gbr.2).

Gambar 2

Selanjutnya tinggal pasang saklar heater dengan ikut dibaut ke dudukan spion (gbr.3). “Lalu tinggal rakit kabelnya, ambil arusnya dari kontak (gbr.4) pasang ke kabel accessories warna hitam, satu lagi negatif ke sasis,” terang Wahyu.

Gambar 3
Gambar 4

Setelah semua beres, coba nyalakan. Heater ini punya 5 tingkat panas, dari yang paling panas sampai hangat-hangat kuku. Paling panas tentu ketika ketiga lampu LED di saklar menyala semua (gbr.5). “Pegang saya handgripnya (gbr.6), kalau pemasangan benar pasti langsung hangat,” imbuh mekanik 22 tahun ini.

Gambar 5
Gambar 6

Nah dengan handgrip yang hangat, tentunya perjalanan saat hujan atau malam jadi lebih nyaman! (Aant / otomotifnet.com)

Ngayun Speed: 0818-737-101

Editor :
loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA