Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Panduan Servis KTM RC250, Ganti 3 Komponen Tiap 7.500 Km

Kamis, 24 November 2016 | 06:06 WIB

Jakarta - Motor asal Austria ini mulai ramai dipesan sejak harganya turun saat pameran IIMS (Indonesia International Motor Sport) 2016 lalu. Punya DNA balap membuat motor ini begitu ramping dan berpenampilan layaknya motor pada ajang balap Moto3.

Suspensi depan ditopang suspensi berlabel WP Suspension tipe upside down.  Mesinnya dibekali silinder tunggal berkapasitas 248,8 cc. Agar performanya tetap terjaga yuk lakukan servis berkala! Simak Panduan Servis KTM RC250 dari OTOMOTIF!

Ganti Lebih Cepat

Menurut buku servisnya, jadwal servis berkala setiap kelipatan 7.500 km. Dimulai melakukan penggantian oli mesin, dibutuhkan 1,8 liter oli sehingga harus membeli 2 botol (isi 1 liter/botol). “Jika pemakaian motor rutin setiap hari kita reminder ke konsumen untuk melakukan penggantian lebih cepat yaitu pada 6.000 km. Itu untuk amannya saja, tapi kalau tetap mau melakukan penggantian oli sesuai buku servis juga tidak masalah. Asal jangan melebihi anjuran karena akan menggagalkan garansi,” beber Karmanto selaku Service Advisor dari PT Penta Jaya Motor, APM motor KTM.

Disediakan 2 pilihan oli yaitu Motorex Formula semi sintetis dan Motorex Power Synthetic yang full sintetis. Selain itu, Karmanto juga menjelaskan agar oli yang dipakai sebisa mungkin full sintetis, karena dibutuhkan durability oli yang bagus.  

Pada kelipatan 7.500 km ini filter oli juga diganti berbarengan dengan oli mesin. Begitu pula filter udara yang diharuskan ganti pada kelipatan ini, sehingga total ada 3 item yang perlu diganti tiap kali melakukan servis berkala.          

“Filter udara ini sama dengan oli, penggantian bisa lebih cepat atau bahkan lebih lama tergantung dari kondisi medan serta cuaca tempat konsumen berada. Filter udaranya masih tipe kertas kering sehingga bisa dibersihkan dengan angin kompresor,” lanjut pria ramah ini.

 Berikutnya busi pakai produk Bosch yang jarang sekali dipakai pada motor, justru banyak dipakai pada mobil sehingga cukup sulit untuk mencarinya di pasaran. “Busi ini punya bentuk yang aneh dan jarang ditemui. Sehingga untuk pembelian businya harus di dealer KTM. Karena punya drat yang rapat namun kunci kecil hanya berukuran 14 mm. Penggantiannya tiap kelipatan 15.000 km,” jelas Karmanto lagi.

“Bagian injeksinya tidak selalu dibersihkan, biasanya akan ditanya terlebih dahulu kalau ada keluhan seperti mesin brebet atau tenaga loyo. kalau gak ada keluhan tidak perlu dicek karena kalau tiap servis dibuka juga gak bagus, karena bisa membuat sil bocor atau sobek,” ujarnya.

Selanjutnya ada pengecekan fungsi kelistrikan ringan seperti nyala keseluruhan lampu, kemudian setel dan lumasi rantai, juga cek kondisi serta setrum aki.

“Bagi konsumen yang sibuk atau tidak sempat mampir ke bengkel, kita sediakan layanan home service antar jemput Jabodetabek menggunakan towing dengan kisaran harga Rp 200-400 ribu. Pembayaran dilakukan setelah motor selesai servis,” tutup pria yang ngebengkel di bilangan Sunter, Jakut ini. (Fariz / otomotifnet.com)

Tabel Harga:
Jasa: Rp 155.000
Oli Motorex Formula: @ Rp 195.000
Oli Motorex Power Synthetic: @ Rp 265.000
Filter udara: Rp 250.000
Filter oli: Rp 200.000
Busi: Rp 325.000
Air radiator: Rp 69.000
Kampas rem depan: Rp 375.000
Kampas rem belakang: Rp 95.000

Tabel Pengecekan:
Periksa fungsi kelistrikan
Baca kesalahan memori menggunakan KTM diagnostic tools
Periksa lapisan rem depan
Periksa lapisan rem belakan
Periksa cakram
Periksa selang rem dari kerusakan dan kebocoran
Periksa volume minyak rem belakang
Periksa suspensi dari kebocoran
Periksa bearing swing arm
Periksa bering roda
Periksa kondisi ban
Periksa tekanan angin ban
Periksa rantai, sprocket belakang, dan sprocket mesin
Periksa ketegangan rantai
Lumasi seluruh part yang bergerak (Standar samping, rantai, dll) dan periksa kelancaran kerjanya
Membersihkan debu
Bersihkan debu dari as suspensi depan
Periksa volume minyak rem depan
Periksa bering komstir
Periksa kerenggangan klep
Periksa semua selang (selang BBM, pendinginan , drainase, dll) dan pastikan tidak ada retak, kebocoran, dan arah yang benar
Periksa antifreeze dan coolant level
Periksa kabel-kabel dari kerusakan dan jalur tanpa menekuk
Periksa kabel gas dari kerusakan,  jalur tanpa menekuk, dan terpasang dengan benar.
Periksa sekrup dan mur pastikan kencang
Periksa arah lampu utama
Periksa kipas radiator pastikan berfungsi semestinya
Pemeriksaan akhir: periksa kendaraan untuk kelayakan jalan dan lakukan test ride
Baca memori kesalahan menggunakan KTM Diagnostics Tool setelah test ride
Daftarkan servis di KTM DEALER.NET dan di catatan servis

PT. Penta Jaya Laju Motor 021-26690172

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa