Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ack Attack Top 1 Motorcycle, Demi Angka Keramat 400 MPH

Otomotif R4 - Kamis, 17 November 2016 | 16:26 WIB

Las Vegas - Main di booth oli Top 1 di AAPEX (02/11) lalu, Ack Attack, sepeda motor yang jadi andalan memecahkan rekor kecepatan di darat terpajang dengan manisnya. Pas juga, seluruh bodi yang terbuat dari karbon sedang dibuka. Langsung saja kulik isinya yuk.

Sampai saat ini, rekor kecepatan tertinggi sepeda motor masih dipegang Ack Attack, dengan kecepatan tertinggi 376,36 mph atau lebih dari 605 kpj. Sayang, target mengejar angka keramat 400 mph atau sekitar 644 kpj tidak jadi dilaksanakan sesaat sebelum gelaran AAPEX.

“Akibat cuaca buruk dan kondisi lintasan tidak memenuhi syarat, jadi di-pending dulu,” terang Rocky Robinson, rider yang mengendarai.

Rahasianya adalah 2 mesin milik Suzuki Hayabusa yang menghasilkan kapasitas total 2.598 cc. Dirangkai seri, masih ditambah sebuah turbocharger Garret. Hasilnya adalah tenaga total sekitar 1.000 dk!

Pasti butuh konsol untuk menyatukan dan supaya gerakan antar-mesin bisa selaras. Komponen ini terletak di sisi kanan mesin. Melanjutkan ke penggerak rantai, giliran sisi kiri yang jadi pusat penerus tenaga ke roda.

“Penghubungnya menggunakan rantai dan ada tensior sebagai toleransi getaran dan ini komponen paling sulit pembuatannya,” papar Ken Puccio, Crew Chief yang merancang sekaligus membuat seluruh sasis.

Sementara sistem suspensi pakai swing arm dengan sokbreker coilover Penske. Hanya saja, gerakan roda sangat terbatas hanya sekitar 240, mentok dari kiri ke kanan. “Hanya supaya masih bisa mutar kalau selesai run ambil data kecepatan,” ujar Rocky. 

Bannya sendiri special order dan kini pakai Mickey Thompson. “Sekarang tinggal 2 set ini yang tersisa. Makanya disimpan untuk nanti jalan lagi,” sambung Ken lagi.

Rencananya, tim Ack Attack akan menyempurnakan setingan untuk meningkatkan rekor kecepatan di 400 mil per jam atau sekitar 644 kpj!

Makin penasaran nih semoga Otomotifnet.com bisa nyoba deh tahun depan.

Editor : Otomotif R4

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa