Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Wow Rangka Kawasaki Ninja H2 Ini Dibuat Dari Printer 3D

Selasa, 22 November 2016 | 23:46 WIB
No caption
No credit
No caption

Los Angeles, Amerika Serikat - Teknologi sudah semakin maju, bahkan untuk membuat sepeda motor pun saat ini hanya perlu sebuah mesin cetak. Tidak percaya? Lihatlah gambar di atas. Itu merupakan salah satu kendaraan konsep milik Divergent Microfactories yang akan mejeng di ajang Los Angeles Auto Show 2016. 

Sekilas, model tersebut memang tampak seperti motor custom biasa. Tapi ternyata motor tersebut dibangun dengan menggunakan teknologi printer 3D. Dagger, demikian motor tersebut diberi label, menggunakan mesin Kawasaki Ninja H2 sebagai platform mesinnya. Tampilannya pun jadi terlihat kekar dan padat.

Printer 3D sendiri sebenarnya memiliki prinsip kerja tak jauh berbeda seperti printer laser. Yakni, sama-sama membuat objek dari sejumlah lapisan, yang masing-masing dicetak di atas lapisan lainnya. Bedanya, tentu saja dari objek yang dihasilkan oleh kedua jenis printer tersebut. Printer 3D kemudian dibagi lagi menjadi tiga jenis, Printer 3D Direct (yang menggunakan teknologi Inkjet), Photopolymerization, dan Sintering. 

Beberapa contoh sasis buatan Divergent hasil teknologi printer 3D

Divergent mengklaim menggunakan teknologi printer berbeda untuk merekatkan serat karbon dengan bahan struktur (disebut Node), sehingga proses pembuatan sasis hanya memakan waktu beberapa menit saja. Penggunaan material tersebut juga membuat bobot kerangka motor 50 persen lebih ringan dibanding kerangka motor dengan bahan tradisional.

Pada Dagger, Dirvegent menggunakan struktur hasil printer 3D pada bagian frame rangka saja. Sedang sisanya seperti tangki bahan bakar, jok, dan subframe menggunakan model custom. Di luar itu, Dagger menggunakan komponen asli Kawasaki Ninja H2, seperti mesin, swingarm, pelek, bahkan hingga perangkat pengereman.

Sayangnya, motor konsep ini tidak akan diproduksi massal. Tujuan Divergent membuat motor ini hanya ingin sekadar memberikan gambaran potensi teknologi cetak 3D di industri otomotif, yang salah satu nilai manfaatnya adalah menghasilkan emisi lebih sedikit dibanding produksi kendaraan secara tradisional. (Otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa