Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Modifikasi Honda CBR600RR, Detail Kecil Penunjang Juara

Senin, 21 November 2016 | 20:01 WIB

Nih beberapa rahasia kecil yang sukses mengantarkan Gerry Salim raih gelar juara nasional

Jakarta - Tahun 2016 jadi salah satu musim terbaik Gerry Salim, pembalap andalan Astra Honda Racing Team (AHRT) ini berhasil menjadi juara nasional kelas Supersport 600 cc menggunakan Modifikasi Honda CBR600RR ini. Untuk meraih itu, ternyata banyak hal kecil di motor yang disesuaikan dengan style pembalap bernomor start 31 ini.

Pertama ada punuk tambahan di tangki bagian belakang, menurut Raden Shri Bimo Haryosetyo Bawono, dari MPA Divison PT Astra Honda Motor (AHM), yang menjadi leader team AHRT. Fungsi komponen ini sebagai penahan paha saat banking atau rebah ketika menikung.

“Dengan tambahan itu bagian tangki yang ditarik paha jadi lebih luas, bahkan sampai selangkangan,” terang Bimo, sapaannya. Tentu menikung jadi lebih maksimal.

Bagian unik lain terlihat di master rem belakang. Di as pendorong ada per tambahan yang menggunakan per klep. Untuk apa?

“Itu agar tuas rem lebih keras. Karena standarnya kan empuk, saat menikung kadang enggak sengaja tuas tertekan yang membuat roda belakang jadi goyang. Dengan diperkeras, maka enggak mudah tertekan,” terang pria asli Jakarta berdarah Purworejo ini. Cara lain menurutnya pakai karet ban dalam, kelemahannya lebih mudah putus.

Masih di bagian rem, kali ini bagian depan. Agar bisa main late braking sedekat mungkin dengan tikungan, performanya diupgrade. Disc brake dan brake pad ganti Brembo, sedang kaliper dan master tetap Tokico.

“Cuma tuas ganti TSR yang bisa disetel, pernah sebelum ganti saat race jadi dalam, makanya diganti,” papar Bimo.

Masih di seputaran rem depan, lihat sisi kanan. Nah ada sensor kecepatan. Uniknya dikasih pelindung pakai plat besi.

“Sebelumnya sih enggak ada, cuma tahu sendiri aspal Sentul kerikilnya pada terbang, sehingga kabelnya putus, maka kita buatkan pelindung,” terangnya.

Keunikan lain dari motor ini ada di quick shifter manual. Wah bagaimana itu? Menurut regulasi, quick shifter dilarang dipasang makanya diakali.

Caranya pemutusan arus ignition dilakukan secara manual memanfaatkan tombol lampu dim. Jadi ketika akan shift up, tekan tombol dim baru congkel tuas gigi, tentu tak perlu lagi tarik kopling.

Hal-hal kecil tapi krusial ya! (Aant / otomotifnet.com)

Mesin Standar

Sesuai regulasi, mesin yang dipakai standar. Tapi demi efisiensi untuk menekan budget, ternyata 2 versi yang disiapkan.

“Ada yang bekasan Asia Road Racing Championship (ARRC) dan satu lagi standar dari Kumamoto,” terangnya. Yang kedua maksudnya dari pabrik Honda yang berada di Kumamoto.

Untuk menjaga performa karena pemakaian relatif sudah tinggi, maka setiap sebelum sesi balap dilakukan skir klep untuk memastikan kompresi ruang bakar rapat.

Untuk meningkatkan performa, knalpot pakai HARC-Pro. “ECU pakai racing kit dari HRC,” tutup Bimo.

 

Data Modifikasi:

Ban depan: Dunlop Sportmax GP Unbeaten 03 120/70ZR17
Ban belakang : Dunlop Sportmax GP Unbeaten 03 180/55ZR17
Disc brake depan: Brembo
Disc pad: Brembo
Tuas rem depan: TSR
Knalpot: HARC-Pro
ECU: HRC
Radiator: Taleo
Data logger: HARC-Pro
Sokbreker belakang: Showa
Bodi: Custom lokal fiberglass

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa